facebook

4 Hal Negatif yang Membuat Hidup Kamu Terasa Stuck, Segera Hilangkan!

Mohamad Ismail
4 Hal Negatif yang Membuat Hidup Kamu Terasa Stuck, Segera Hilangkan!
Ilustrasi sedih. (Pexels/Valeria Ushakova)

Apakah kamu pernah merasa bahwa hidup kamu terlihat tidak ada kemajuan atau stuck, mulai dari bangun pagi hingga tertidur kembali rasanya begitu-begitu saja? Lalu, kamu bertanya apakah hidup memang hanya seperti ini, atau ada yang sedang kurang beres dalam diri kamu?

Bagi sebagian orang merasa demikian adalah hal yang sangat wajar terjadi. Saat kita tengah lelah dengan aktivitas yang ada, kita merasa hidup kita stuck di satu tempat yang sama. Sebenarnya apa sih hal negatif yang membuat kita merasa hidup tak ada perubahan?

Berikut adalah beberapa hal negatif yang yang harus dihindari agar pikiran kamu tidak merasa stuck di satu tempat.

1. Takut untuk ambil risiko

Hidup kamu kian terasa membosankan jika apa yang telah lama ada dipikiran kamu belum juga berani kamu realisasikan karena takut akan resikonya. Keputusan untuk mengambil risiko memang perlu suatu pemikiran yang mendalam. Namun jika terus dipikirkan terlalu dalam tanpa aksi, hal tersebut justru dapat berakibat menjadi beban pikiran.

Jika kamu sudah merasa benar-benar siap dengan segala resikonya, maka lakukanlah, untuk hasilnya nanti bagaimana sisakan semua pada Yang Maha Esa. 

2. Sering melakukan negative self-talk

Hal negatif berikutnya yang membuat seseorang sulit merasakan adanya kemajuan atau stuck dalam hidupnya, adalah selalu menyelipkan negative self-talk dalam kehidupannya. Secara gampang negative self-talk adalah ungkapan-ungkapan negatif yang dilemparkan ke diri sendiri, sehingga merasa tak pernah ada kemajuan dalam hidup.

Jika dibiarkan terus-menerus hal negatif ini bisa sangat berbahaya bahkan bisa berujung pada depresi. Oleh karena itu, hindari negative self-talk dan selalu apresiasi diri dari hari ke hari meski hanya melakukan kebaikan-kebaikan kecil sekalipun.

3. Belum berdamai dengan kesalahan di masa lalu

Tidak peduli seberapa banyak kamu menyalahkan diri sendiri atas kesalahan yang telah dibuat di masa lalu, kamu tidak akan pernah bisa kembali mengubahnya. Jadi, lebih baik belajar dari masa lalu dan mencoba untuk tidak mengulanginya di masa depan. Jangan biarkan pikiran kamu kalut pada hal-hal negatif yang terjadi di masa lalu dan membuat kamu sulit untuk berkembang ke depan.

4. Berada di lingkungan yang kurang mendukung

Selain faktor dalam diri, dunia luar juga sedikit banyak dapat mempengaruhi hidup kamu. Jika kamu merasa stuck dan tidak bisa berkembang karena lingkungan di sekitar kamu tidak mendukung, maka lakukanlah beberapa cara agar kamu tidak tenggelam di dalamnya. Misal kamu harus terus bersikap positif dan memotivasi diri agar tidak larut dalam hal-hal negatif dari luar.

Itulah tadi empat hal negatif yang bisa membuat hidup kamu terasa stuck. Cobalah untuk mengoreksi apa saja yang telah kamu lakukan dalam kehidupan sehari-hari, tentu kamu akan menemukan banyak alasan positif yang bisa kamu jadikan acuan bahwa hidup kamu terus mengalami perbaikan. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak