facebook

5 Ciri Orang Cerdas yang Jarang Disadari Menurut Ahli, Kamu Salah Satunya?

Mohamad Ismail
5 Ciri Orang Cerdas yang Jarang Disadari Menurut Ahli, Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi mengobrol. (Pexels/Alexander)

Ketika membicarakan tentang orang cerdas, mungkin terpikir di benak kamu ciri-ciri orang yang memiliki pengetahuan sangat luas, memiliki tingkat IQ yang tinggi, atau orang yang mampu memecahkan persamaan matematika di kepala dengan kecepatan kilat. 

Namun faktanya, para ahli mengatakan bahwa cerdas bukan hanya semata-mata tentang hal tersebut. Banyak orang yang sangat cerdas, tetapi kerap kali mereka tidak menyadari betapa pintarnya mereka sebenarnya.

Menyadur dari Bustle, berikut beberapa pendapat ahli terkait ciri orang dengan kecerdasan yang tinggi, tetapi kerap kurang disadari.

1. Empatik dan penyayang

Christine Scott-Hudson, seorang psikoterapis berlisensi mengungkapkan bahwa terdapat korelasi yang jelas antara kecerdasan emosional dengan IQ tinggi dalam penilaian lingkup psikologis. Dirinya menyebutkan bahwa semakin tinggi rasa empati seseorang, maka semakin tinggi pula kemampuan verbal yang dimiliki.

Dengan kata lain, empati, yang merupakan bagian dari kecerdasan emosional dan pemahaman juga termasuk ke dalam bagian dari kecerdasan kognitif yang berhubungan langsung dengan kemampuan kognitif. 

2. Memiliki rasa penasaran yang tinggi

Sudah tidak asing lagi jika banyak orang yang berasumsi bahwa seseorang yang cerdas sangat suka membaca. Namun, orang yang cerdas tidak hanya terbatas pada kemampuan untuk menghabiskan beberapa buku dalam sehari. 

Menurut Scott-Hudson, orang cerdas lebih familiar dengan mereka yang kerap kali melibatkan rasa keingintahuannya dan menanyakan beberapa pertanyaan seperti siapa, apa, kapan, di mana, bagaimana, mengapa, dan sebagainya. Rasa keingintahuannya inilah yang kemudian memicunya untuk terus mencari tahu lebih apa hal-hal yang ada di pikirannya.

3. Memiliki kontrol diri yang baik

Memiliki pengendalian diri yang baik berarti menunjukan bahwa kamu telah mencapai tingkat pemikiran yang dewasa. Kemampuan dalam mengendalikan emosi ini sangat penting sehingga reaksi yang kamu berikan dalam merespons sesuatu tidak menimbulkan bahaya.

Menurut Dr. Catherine Jackson, seorang psikolog klinis mengungkapkan bahwa memiliki kontrol diri merupakan salah satu bentuk dan tanda kecerdasan yang dimiliki oleh seseorang. Itu berarti orang tersebut telah mampu mendahulukan kemampuan berpikir sebelum berbicara atau bertindak.

4. Mengetahui batasan dalam diri

Orang yang sangat cerdas akan lebih memilih untuk tidak mencoba bertindak seolah-olah mereka tahu akan segala hal. Karena faktanya, tanda kecerdasan adalah mengakui fakta bahwa dirinya merasa tidak tahu segalanya yang kemudian memicu rasa penasaran untuk mengetahui lebih banyak hal.

5. Mudah dipercaya orang lain

Mengutip dari sebuah artikel berjudul "Generalized Trust and Intelligence in the United States" karya Noah Carl dan Francesco C. Billari, mengungkapkan bahwa kepercayaan merupakan bagian penting dari budaya dan masyarakat. Tidak hanya terikat pada rasa semata, tetapi juga sangat berkorelasi dengan kecerdasan. 

Fakta tersebut juga sering kali kita temui, di mana orang dengan kecerdasan yang tinggi cenderung lebih mudah mendapatkan perhatian dan rasa percaya dari orang lain. Tak terbantahkan bahwa banyak orang akan lebih bersedia untuk mengikuti dan mempercayai mereka yang cerdas dan tahu bagaimana cara memimpin sekelompok orang secara lebih efektif.

Itulah tadi beberapa ciri orang cerdas menurut para ahli. Dari kelima ciri tersebut apakah kamu termasuk salah satunya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak