facebook

Selain Berpeluang Sukses, Inilah 5 Keunggulan Lulusan Vokasi

Dope Life
Selain Berpeluang Sukses, Inilah 5 Keunggulan Lulusan Vokasi
ilustrasi bekerja (pixabay.com/RAEng_Publication)

Tinggi-rendahnya tingkat pendidikan tidak akan menjamin kesuksesan seseorang. Kesuksesan hanya dapat diraih dengan usaha dan tekad masing-masing individu. Tetapi, kamu dapat mempertimbangkan terlebih dahulu pendidikan seperti apa yang hendak diraih setelah menamatkan jenjang sekolah, baik itu SMA, SMK maupun sederajat. 

Jika kamu adalah orang yang ingin mempersiapkan diri untuk terjun ke dunia kerja dan suka jemu mempelajari hal-hal yang bersifat teoritis, maka pendidikan vokasi seperti politeknik dapat menjadi pilihan terbaik bagimu. Lalu, apa saja hal menarik seputar pendidikan vokasi dan keunggulan, berikut ulasannya!

1. Praktik lebih banyak sehingga skill lebih terasah

ilustrasi sedang menulis (Pixabay/pexels)
ilustrasi sedang menulis (Pixabay/pexels)

Memilih pendidikan vokasi memang menjadi pilihan terbaik bagi calon mahasiswa yang ingin memantapkan kemampuan dan bakat sebab untuk pendidikan vokasi sendiri lebih menggenjotkan kuliah praktik daripada teori yang diberikan.

Bahkan untuk sejumlah kampus tertentu, sudah ada yang menjalin ikatan kerjasama dengan berbagai industri dan instansi tertentu untuk menampung pekerja-pekerja potensial. Ditambah lagi, pemerintah turut menyediakan program magang bersertifikat untuk mahasiswa semester akhir untuk sekolah vokasi. Maka tak ayal, bahwasanya perusahaan-perusahaan akan lebih cenderung melirik lulusan mahasiswa yang berasal dari pendidikan vokasi karena dinilai lebih siap kerja dan berpengalaman.

2. Peluang kerja yang lebih luas

ilustrasi rekrut pegawai (Pixabay/Isabelavoliveira)
ilustrasi rekrut pegawai (Pixabay/Isabelavoliveira)

Keunggulan pendidikan vokasi berikutnya adalah kesempatan kerja yang cukup luas bagi para lulusannya dikarenakan dengan kurikulum yang memang dirancang supaya lebih terarah kepada keahlian yang lebih spesifik dan sesuai dengan kebutuhan banyak perusahaan dan industri. Oleh sebab itu, mereka lebih mempertimbangkan para lulusan yang memiliki kualifikasi CV dan portofolio yang spesifik, menarik, dan berkaitan dengan posisi yang dilamar. 

Untuk sekolah vokasi tertentu, para peserta didik juga telah dipersiapkan dengan variasi sejumlah skill yang dibutuhkan di masa industri 4.0 sekarang. Contohnya saja Politeknik Negeri Padang untuk jurusan bahasa Inggris, dilansir dari Youtube Bing PNP Network dalam sebuah podcast bersama Dr. Dra. Martini, M.Pd, kepala jurusan bahasa Inggris, mengatakan bahwa terkhusus untuk jurusan bahasa Inggris tidak melulu pekerjaan yang berhubungan dengan prospeknya, juga Jurusan bahasa Inggris menyediakan studio TV, Radio, dan lab komputer untuk menunjang keahlian dibidang lain seperti broadcasting, komunikasi digital (spesialis sosial media dan content creator) digital multimedia (animasi 3D, desain grafis, dan editing) dan sebagainya.

3. Masa untuk menimba ilmu relatif singkat 

ilustrasi lulusan (pixabay.com/mohamed_hassan)
ilustrasi lulusan (pixabay.com/mohamed_hassan)

Dibandingkan pendidikan sarjana yang membutuhkan waktu sekitar 3,5 - 4 tahun untuk menguasai ilmu di bidang-bidang tertentu dengan tujuan mendapatkan gelar sarjana. Beda halnya dengan pendidikan vokasi yang lebih mengedepankan keahlian dengan berbagai jenjang program, mulai dari D1, D2, D3 dan variasi masa studi berkisar 1 - 3 tahun, nah untuk ijazah lulusan vokasi D3 peserta didik masih dapat melakukan ekstensi studi atau alih jenjang S1 sambil bekerja. 

4. Mendapatkan prospek kerja sesuai minat 

ilustrasi mengetik di laptop (Pixabay/picjumbo_com)
ilustrasi mengetik di laptop (Pixabay/picjumbo_com)

Bagi peserta didik yang baru saja lulus dari SMA/SMK dan sederajat, serta memiliki minat di bidang tertentu atau yang tidak mau dijejal dengan teori-teori yang cukup membosankan. Maka, pendidikan vokasi merupakan opsi tepat bagi peserta didik untuk mendapatkan pengalaman sebanyak mungkin dan langsung bisa terjun ke dunia kerja karena hampir sebagian besar perusahaan lebih menginginkan para calon rekrutannya memiliki banyak pengalaman dan bisa bekerja multitasking.

5. Pendidikan vokasi juga dicetak menjadi usahawan

ilustrasi menghitung pemasukan (pixabay.com/StartupStockPhotos)
ilustrasi menghitung pemasukan (pixabay.com/StartupStockPhotos)

Untuk pendidikan vokasi, para lulusannya tidak hanya dituntut menjadi seorang pekerja, contohnya saja dengan adanya program berwirausaha, pemerintah sudah menyediakan banyak kucuran dana untuk membantu menyukseskan generasi muda menjadi usahawan sukses melalui PMWV (Program Wirausaha Mahasiswa Vokasi) dan diharapkan sanggup membuka lapangan pekerjaan sendiri.

Melansir dari laman Vokasi Kemendikbud, kewirausahaan juga menjadi hal yang perlu dicermati dalam pendidikan vokasi. Keahlian muda-muda masa depan untuk melakukan perubahan dan bergerak di bidang usaha mandiri dapat memberikan potensi terbukanya lapangan kerja. Untuk mendukung bergeraknya unit usaha mandiri UMKM dan pengusaha muda yang siap memulai bisnis. 

Itulah deretan 5 keunggulan dari lulusan vokasi. Nah, kamu tak perlu bingung lagi mau masuk yang mana, tentukan masa depan sesuai dengan bakat dan minatmu

Sumber : 

PNP Podcast Bincang Santai D3 dan D4 Jurusan Bahasa Inggris Politeknik Negeri Padang - YouTube

‘Wirausaha-Pendidikan Vokasi’ sebagai Solusi Masa Depan | Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (kemdikbud.go.id)

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak