facebook

Sebelum Kuliah, Ketahui 4 Jenis Tugas yang Biasa Dikerjakan Mahasiswa

Melynda Dwi Puspita
Sebelum Kuliah, Ketahui 4 Jenis Tugas yang Biasa Dikerjakan Mahasiswa
Ilustrasi mahasiswa mengerjakan tugas kuliah (pexels)

Menjadi mahasiswa adalah impian hampir setiap pelajar. Bayang-bayang melepas gelar dan menggantinya menjadi mahasiswa begitu diinginkan calon mahasiswa baru. Suka cita menjadi mahasiswa begitu banyak tergambarkan di media sosial ataupun internet. Padahal ada tanggung jawab besar termasuk pula beribu tugas yang akan dihadapi di kemudian hari. Sebelum itu, sebaiknya ketahui tugas-tugas apa saja yang biasanya diterima mahasiswa.

1. Makalah

Makalah adalah salah satu bentuk karya ilmiah yang bisa disebut sebagai versi mini dari skripsi. Perbedaannya terletak pada tidak adanya penelitian yang perlu dilakukan oleh makalah. Biasanya makalah hanya menjawab rumusan masalah dari studi literatur. 

Pada umumnya struktur makalah hampir serupa dengan skripsi, hanya saja biasanya terdiri dari 3 bab. Tiga bab tersebut meliputi pendahuluan, pembahasan, dan penutup. Makalah selalu menjadi andalan dosen dalam hal pemberian tugas selama perkuliahan. Setidaknya, setiap dosen akan meminta satu makalah dalam satu mata kuliah. Ada makalah yang dikerjakan individu maupun kelompok.

2. Power Point (PPT)

Media dalam hal penyampaian materi melalui presentasi ini sangatlah akrab di telinga mahasiswa. Biasanya PPT dijadikan wadah untuk memaparkan hasil penulisan makalah. Sehingga, tugas PPT biasanya berbarengan dengan makalah. Sayangnya, PPT mahasiswa terlihat membosankan dengan bentuk ala kadarnya. Lebih baik dari sekarang, pelajari cara membuat PPT yang baik dan download template PPT yang menarik.

3. Review Jurnal

Tidak hanya buku, mahasiswa harus membiasakan diri dengan sumber referensi dari hasil penelitian, yakni jurnal. Tak hanya berfungsi sebagai sumber kutipan, jurnal ibarat gerbang dari pendidikan tingkat tinggi. Biasanya dosen menginginkan review dari sebuah atau beberapa jurnal untuk mengetahui cara pemahaman seorang mahasiswa terhadap penelitian. Sebab nantinya saat mengerjakan skripsi, beberapa kampus mewajibkan publikasi jurnal sendiri untuk persyaratan kelulusan.

4. Laporan Praktikum

Praktikum selalu identik dengan jurusan saintek, tetapi biasanya di jurusan soshum juga ada. Walaupun mungkin dari sisi metode praktikumnya lebih ke arah penelitian kualitatif. Pembuatan laporan praktikum juga harus segera bisa dipahami oleh mahasiswa baru. Apalagi biasanya laporan praktikum lebih banyak melibatkan rumus. 

Tak seperti makalah yang dikumpulkan tanpa ada koreksi. Sebagai bentuk latihan skripsi, biasanya ada asisten praktikum yang siap merevisi laporan praktikum seorang praktikan selama beberapa kali hingga di ACC. Sehingga mulai dari sekarang siapkan mental dan fisik untuk menghadapi laporan yang datang bertubi-tubi.

Itulah 4 tugas yang umum ditemui di kampus dan diberikan kepada mahasiswa. Apakah kamu sudah siap dengan tugas kuliah yang membludak?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak