facebook

Hidup Semakin Hemat, 5 Peralatan yang Wajib Dimiliki Anak Kos

Melynda Dwi Puspita
Hidup Semakin Hemat, 5 Peralatan yang Wajib Dimiliki Anak Kos
Ilustrasi setrika anak kos (pixabay.com)

Anak kos yang hidup di perantauan dan jauh dari orang tua dituntut hidup dalam segala keterbatasan. Mulai dari masalah keuangan hingga persoalan barang yang menunjang kehidupan.

Karena hal inilah, peralatan yang jumlahnya tak banyak harus dimaksimalkan dari segi penggunaannya untuk alasan efisiensi.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan hidup sendiri dalam kamar kos, setidaknya persiapkan berbagai alat agar lebih mudah.

Berikut 5 peralatan yang wajib dimiliki anak kos:

1. Magiccom

Peralatan menanak nasi yang sering dianggap malaikat penyelamat oleh anak kos ini sangatlah berguna. Walaupun biasanya hanya digunakan untuk memasak atau menghangatkan nasi.

Ternyata magicom juga bisa dialihfungsikan menjadi wajan atau panci yang bisa memasak segala jenis masakan. Mulai dari membuat gorengan, menumis, mengukus, hingga membuat makanan berkuah seperti soto.

2. Heater

Tidak semua kos menyediakan dapur bagi penghuninya. Hal ini tidak menjadi masalah, apabila kamu memiliki heater. Cukup mengandalkan listrik, kamu bisa menggunakan heater untuk merebus air atau menggoreng.

Heater dianggap sebagai miniatur dari magiccom. Meskipun dari sisi fungsinya masih jauh di bawah, heater bisa menjadi andalan saat kamu ingin memasak makanan sederhana seperti mi instan atau memanaskan makanan.

3. Pompa Galon

Membeli air minum dalam bentuk kemasan botol ukuran 2 liter sangatlah merugikan. Apalagi jika kamu tinggal selama bertahun-tahun di dalam kamar kos. Lebih baik membeli galon yang nantinya bisa dijual kembali setelah keluar dari kota perantauan. 

Ketika membeli galon, alangkah lebih baiknya kamu juga membeli pompanya. Ada pompa manual atau yang menggunakan listrik dengan cara di charge. Daripada kamu kesusahan menuang air dan berpotensi tumpah, lebih baik menggunakan pompa galon. Harganya juga sangat terjangkau, yakni sekitar 15 ribu rupiah.

4. Ember

Siapa yang malas mencuci baju sendiri dan memilih jasa laundry? Jika kamu merasa keuanganmu cukup seret, lebih baik mencuci baju sendiri. Belilah sebuah ember agar kamu mudah saat merendam atau mencuci pakaian.

Jika khawatir dipakai orang lain, simpan ember di dalam kamar. Tidak hanya untuk mencuci, ember bisa kamu manfaatkan sebagai wadah untuk menaruh baju kotor dan barang lainnya ketika tidak digunakan.

5. Setrika

Walau serba kekurangan, jangan sampai penampilan kita terlihat kucel, ya. Kita harus menjaga pakaian tetap rapi apalagi jika harus menghadiri acara formal seperti kuliah atau bekerja.

Tidak hanya berfungsi untuk merapikan pakaian, setrika bisa digunakan sebagai pemanas layaknya kompor, loh.

Itulah 5 alat yang wajib dimiliki seorang anak kos. Apakah kamu memiliki saran alat berguna lainnya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak