facebook

4 Penyebab Pasangan Kamu Kerap Sulit Diajak Berkomunikasi, Jangan Berpikir Negatif Dulu!

Mohamad Ismail
4 Penyebab Pasangan Kamu Kerap Sulit Diajak Berkomunikasi, Jangan Berpikir Negatif Dulu!
Ilustrasi pasangan bertengkar. (Pexels)

Pernah enggak sih merasa bahwa pasangan kamu kerap kali sulit untuk diajak ngobrol atau berdiskusi. Padahal, jika bersama dengan teman-temannya, dia bisa asyik sekali saat membicarakan sesuatu. Hal seperti ini kerap kali terjadi dalam sebuah hubungan asmara.

Eits, tapi jangan langsung berpikiran negatif terlebih dahulu apalagi sampai menuduh macam-macam. Bisa jadi bukan karena sulit diajak ngobrol, melainkan belum bertemu dengan cara yang tepat seperti yang biasa dilakukannya.

Mungkin saja ada hal-hal lain yang menjadi penyebab dia bersikap demikian. Berikut beberapa penyebab pasangan terkadang sulit diajak berbicara.

1. Topik obrolan kurang dimengerti olehnya

Setiap orang memang memiliki hal yang disukainya masing-masing. Nah, bisa jadi dia kurang begitu merespon obrolan yang hendak kamu bicarakan, karena hal tersebut kurang dimengerti olehnya. 

Jika sudah seperti itu cobalah untuk menggali lebih dalam apa hal-hal yang disukainya, bisa juga kamu sambungkan topik obrolan yang satu dengan topik lainnya agar terkesan tidak membosankan.

2. Tidak tepat waktu dan kondisi

Walaupun membicarakan hal yang menarik, tetapi jika kamu lakukan hal tersebut di waktu dan kondisi yang kurang tepat juga cenderung akan membuatnya malas untuk merespon. 

Pasangan yang tengah mengerjakan atau memikirkan sesuatu, pikirannya akan lebih terpusat dan cenderung sulit untuk diajak berbicara. Oleh karenanya, sebelum memutuskan untuk membicarakan sesuatu alangkah baiknya mencari waktu dan kondisi yang tepat agar mendapatkan respon yang baik.

3. Terlalu bertele-tele

Bagi beberapa orang obrolan yang bertele-tele cenderung sangat membosankan bahkan tak menutup kemungkinan membuat dirinya merasa kesal karena tidak mengerti apa yang sebenarnya lawan bicaranya inginkan.

Nah, agar hal tersebut tidak terjadi dan menimbulkan masalah, cobalah untuk to the point saat hendak membicarakan sesuatu. Selain lebih mudah ditangkap, pasangan kamu juga akan lebih bisa mengerti apa yang sebenarnya kamu sampaikan.

4. Obrolan dipenuhi dengan tuntutan dan keluhan

Mengeluh dan meminta sesuatu terhadap pasangan adalah hal yang normal, tetapi perlu dilihat situasi dan kondisinya. Jangan sampai terlalu sering mengeluh dan menuntut membuat pasangan kamu enggan merespon pembicaraan karena bisa jadi di dalam pikirannya dia sudah menebak bahwa kamu akan melakukan hal yang sama seperti sebelumnya.

Itulah tadi empat hal yang mungkin bisa menjadi penyebab mengapa pasangan kerap sulit diajak ngobrol. Komunikasi merupakan satu kunci keberhasilan, maka bagaimana pun juga pasangan kamu, tetaplah berkomunikasi agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam hubungan asmara.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak