facebook

5 Etika di Tempat Umum yang Membuatmu Akan Jauh Lebih Dihargai Orang Lain

Mohamad Ismail
5 Etika di Tempat Umum yang Membuatmu Akan Jauh Lebih Dihargai Orang Lain
Ilustrasi menolong orang lain. (Pexels)

Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Itulah tadi pepatah yang menggambarkan betapa pentingnya kita dalam memahami etika berperilaku di suatu tempat. Tempat-tempat umum adalah lokasi di mana banyak sekali orang dari berbagai latar belakang yang secara sengaja maupun tidak bertemu di satu tempat.

Di tempat umum seperti ini acap kali kita merasa tidak ada yang begitu peduli dengan keberadaan kita. Meski demikian, tak jarang juga yang justru memperhatikan kamu dengan seksama. Beretika baik di tempat umum adalah hal yang bisa membuat kamu lebih dihargai keberadaannya. Tak hanya itu kamu juga akan meninggalkan kesan baik bagi siapa saja yang bertemu dengan kamu. 

Berikut lima etika di tempat umum yang membuat kesan kamu menjadi semakin baik dan terlihat lebih keren.

1. Membuang sampah selalu pada tempatnya

Meskipun tengah berada di tempat umum yang biasanya terdapat petugas kebersihan, tak lantas membuat kamu bisa membuang sampah di sembarang tempat. Membuang sampah pada tempatnya akan membuat kamu terlihat lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitar.

Tak hanya itu, dengan membuang sampah pada tempatnya kamu telah membantu meringankan para pekerja kebersihan yang bertugas disana.

2. Membukakan pintu untuk orang lain

Saat berpapasan di depan pintu, kamu bisa lakukan hal sederhana seperti membukakan pintu kepada orang tersebut. Ketika kamu sudah berada di dalam terlebih dahulu, sebaiknya untuk tidak langsung menutup pintunya begitu saja melainkan pegang gagang pintu menunggu orang tersebut untuk masuk.

Hal sederhana ini menunjukkan bahwa kamu tidak acuh begitu saja dan lebih menghormati keberadaan orang lain.

3. Tidak berbicara terlalu keras

Meskipun di tempat umum, nada berbicara juga harus tetap dikontrol. Nada bicara yang terlalu keras dapat mengakibatkan orang lain di sekitar merasa terganggu dengan keberadaan kita. Begitu pula saat tertawa, sebaiknya untuk tidak terbahak-bahak terlalu berlebihan di tempat umum.

4. Utamakan lansia, ibu hamil, dan penyandang disabilitas

Saat menggunakan transportasi atau fasilitas umum seperti kereta cepat, angkutan umum, dan sebagainya. Alangkah baiknya untuk mendahulukan lansia, ibu hamil, dan penyandang disabilitas. Memang semua orang berhak atas kenyamanan di fasilitas umum, namun dalam keadaan tertentu sebaiknya mengalah untuk yang lebih membutuhkan.

5. Gunakan sisi kiri eskalator jika ingin berdiam

Saat menggunakan eskalator hendaknya perhatikan apakah kamu ingin berdiam dan menunggu atau hendak terus berjalan demi mempercepat langkah. Jika berdiam sebaiknya untuk gunakan sisi kiri, sebaliknya jika hendak berjalan terus sembari eskalator berjalan kamu bisa gunakan sisi kanan.

Itulah lima etika di tempat umum yang bisa membuat kamu terlihat menjadi lebih keren dan dihargai orang lain. Dengan beretika baik, maka kamu akan menjadi lebih dihormati oleh orang lain, bahkan di tempat umum sekalipun.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak