facebook

5 Cara Menjadi Sahabat yang Baik untuk Diri Sendiri, Jangan Menjadi People Pleaser

Mohamad Ismail
5 Cara Menjadi Sahabat yang Baik untuk Diri Sendiri, Jangan Menjadi People Pleaser
Ilustrasi menyayangi diri sendiri. (Pexels)

Mungkin kata sahabat ideal dengan seseorang yang sangat dekat dengan diri kita dan selalu ada baik saat senang maupun sedih. Namun ternyata tak harus dengan adanya kehadiran orang lain untuk memenuhi itu semua, kamu juga bisa menjadi sahabat yang baik bagi diri kamu sendiri.

Menjadi sahabat bagi diri sendiri di sini, berarti kamu mampu memperlakukan diri sendiri selayaknya apa yang kamu lakukan ke sahabat-sahabat kamu. Menjadi sahabat bagi diri sendiri juga akan membawa banyak dampak positif dan juga termasuk bentuk dari self love.

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjadi sahabat yang baik bagi diri sendiri.

1. Berpikir positif tentang diri sendiri

Pernahkah kamu sesekali membicarakan atau memikirkan tentang diri kamu sendiri? Jika iya, cobalah untuk memikirkan hal-hal yang positif terhadap diri kamu. Kamu juga bisa memberikan kata-kata motivasi terhadap diri kamu sendiri.

Hal ini tentu mudah untuk dilakukan seperti yang kamu lakukan terhadap sahabat kamu lainnya. Meski sederhana hal ini dapat memberikan banyak hal positif dalam pikiran kamu.

2. Memprioritaskan diri sendiri dibandingkan orang lain

Memprioritaskan orang lain dalam keadaan tertentu memang penting. Namun hal demikian tak harus dilakukan setiap saat, apalagi disaat yang sama kamu juga tengah merasa kesulitan. Misal saat kamu memiliki banyak tugas dan ada teman atau siapa pun yang tiba-tiba meminta bantuan yang tidak begitu mendesak.

Oleh karena itu, kamu berhak untuk menolaknya dan tetap menyelesaikan tugas kamu yang sudah seharusnya menjadi prioritas. Memprioritaskan diri sendiri juga harus kamu biasakan agar tidak berujung menjadi seseorang yang people pleaser.

3. Ingatkan diri sendiri saat melakukan kesalahan

Hidup tidak selamanya dalam pengawasan orang lain selama 24 jam. Kadang kala kita kerap melakukan kesalahan yang tidak diketahui oleh orang lain. Oleh karena itu, jika kamu merasa melakukan sebuah kesalahan atau kekeliruan, cobalah untuk bisa memperingati diri sendiri. Hal tersebut sangat penting, agar tidak menjadi kebiasaan buruk.

4. Memberikan hadiah saat mencapai sesuatu

Tidak hanya kepada orang lain saja, kamu juga bisa memberikan penghargaan kepada diri kamu sendiri atau self-reward. Tak harus dalam bentuk barang yang mahal, self-reward dapat kamu lakukan dengan hal-hal sederhana seperti istirahat yang cukup, melakukan hobi, dan lain sebagainya.

Pemberian self-reward juga dapat memicu semangat kamu untuk mencapai hal-hal yang selama ini diimpikan. Dengan demikian semangat kamu akan tetap terjaga meskipun telah berhasil meraih sesuatu.

5. Tidak berbohong pada diri sendiri

Kerap kali kita berpura-pura tegar padahal suasana hati sedang campur aduk. Jika kamu sering dalam kondisi tersebut cobalah untuk lebih aware lagi terhadap diri kamu. Berhentilah membohongi diri sendiri dan bertindak seolah-olah tidak terjadi apa-apa. 

Kamu boleh kok menangis. Jika belum ada orang yang bisa kamu ajak berbagi cerita, kamu bisa loh mengobrol dengan diri kamu sendiri. Bisa dalam bentuk catatan harian, membuat journaling, bahkan menulis diary. Seperti judul drama korea "It's Okay to Not Be Okay".

Itulah tadi lima cara menjadi sahabat yang baik bagi diri sendiri. Perlu diingat bahwa orang lain tak selamanya akan bersamamu, jadi jadilah sahabat terbaik untuk dirimu sendiri.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak