facebook

4 Tips Mengakhiri Hubungan Asmara dengan Baik-baik, No Drama!

Riva Khodijah
4 Tips Mengakhiri Hubungan Asmara dengan Baik-baik, No Drama!
Ilustrasi pasangan berpisah.[freepik.com]

Bagaimana akhir sebuah hubungan asmara memang kadang tidak bisa ditebak. Tak sedikit pasangan yang dulunya tampak mesra dan sepertinya bakal awet, tapi ternyata putus.

Namanya putus cinta pasti tidak enak rasanya. Meski begitu, ketika kamu tahu bahwa hubungan asmara memang lebih baik diakhiri, mau tidak mau harus mengambil keputusan tersebut.

Supaya putus cinta bisa dilakukan secara baik-baik dan tanpa drama, ada empat tips mentidakhiri hubungan asmara dengan baik yang bisa kamu terapkan. Mari disimak!

1. Ambil waktu untuk bisa berpikir tenang

Untuk menghindari penyesalan, usahakan apa yang kamu putuskan memang telah dipertimbangkan dengan matang. Oleh sebab itu, tak ada salahnya untuk mengambil waktu sendiri agar kamu bisa melihat pro kontra mengakhiri hubungan yang sedang kamu jalin saat ini.

Setelah yakin, kamu jadi bisa membicarakan dengan pasangan, dan dapat memberikan penjelasan dengan baik. Harapannya pasangan akan lebih mudah menerima keputusanmu tersebut.

2. Jangan memutuskan hubungan lewat HP

Hindari putus hubungan lewat HP. Pastikan kamu mencari waktu untuk bisa bertemu langsung dan mengungkapkan keputusan yang telah kamu buat. Hal ini sebagai bentuk penghormatan terhadap sosok yang pernah singgah di hatimu dan orang pernah sangat kamu cintai.

Selain sebagai bentuk penghormatan, dengan bertemu langsung setidaknya kamu bisa menekan risiko kesalahpahaman. Kamu jadi bisa menjawab langsung sekiranya dia punya pertanyaan mengenai keputusanmu itu.

3. To the point

Langkah selanjutnya untuk menghindari drama saat putus hubungan, yakni berbicara langsung ke topiknya. Tidak perlu merasa tidak enakan, dan itu membuatmu bicara memutar-mutar atau malah jadi menundanya.

Mau kamu katakan sekarang atau nanti, namanya putus cinta pasti bikin sakit hati. Jadi, lebih baik kamu putuskan segera, daripada terus menunda, dan bikin dia terluka.

4. Hindari menyalahkah

Gagalnya hubungan asmara pasti ada andil dua pihak. Jadi, hindari menyalahkan dan membuatnya merasa buruk. Seolah-olah dia layak diputuskan dan tidak dicintai. Itu jahat, lho!

Cobalah bicarakan baik-baik, dan hindari saling menyalahkan. Ambil keberanian untuk bertanggung jawab terhadap kontribusimu terhadap kegagalan hubungan yang kalian jalani. Tekankan pula padanya harapanmu untuk tetap menjaga hubungan baik. Setidaknya setelah masing-masing pulih dari luka patah hati.

Itulah tadi empat tips yang bisa kamu lakukan untuk mengakhiri hubungan tanpa drama. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak