facebook

5 Tips Melepaskan Rasa Penyesalan di Masa Lalu, Berdamai dari Sekarang!

Habil Samsuri
5 Tips Melepaskan Rasa Penyesalan di Masa Lalu, Berdamai dari Sekarang!
Ilustrasi seseorang dengan rasa penyesalannya. (Pexels/Liza Summer)

Hidup di masa lalu tentu tidak lepas dari permasalahan dan persoalan yang rumit sehingga menimbulkan penyesalan di masa sekarang. Tidak jarang, rasa penyesalan sering terjadi pada beberapa orang dewasa yang menyesali suatu hal di masa lalunya.

Rasa penyesalan juga dapat menimbulkan hal buruk pada seseorang, salah satunya menghambat perkembangan hidup kedepannya karena luka batin batin yang banyak menghilangkan rasa bahagia.

Ketika kamu mengalami penyesalan masa lalu yang membuatmu menderita sepanjang hidupmu, apakah kamu akan terus diam saja tanpa tindakan untuk menghilangkannya? Pastinya kamu juga ingin terbebas dari itu semua. Untuk itu kamu harus bisa mengatasi rasa penyesalanmu dan melepaskannya, sehingga memberimu kebebasan dan kegembiraan dalam hidup.

Berikut 5 tips melepaskan rasa penyesalan di masa lalu:

1. Maafkan dirimu sendiri

Rasa penyesalan termasuk bentuk kamu tidak memaafkan diri sendiri. Ketika kamu telah membuat kesalahan yang buruk, bukan berarti kamu ditentukan oleh kesalahan itu.

Melepaskan diri dari rasa bersalah dan malu adalah kunci untuk bergerak melampaui penyesalan. Ingatlah bahwa kamu adalah manusia dan tidak ada gunanya mengingat kembali kesalahan Anda berulang-ulang. Terimalah dirimu sepenuhnya tanpa ada rasa berat di hati dan pikiran.

2. Bertekad untuk tidak hidup di masa lalu

Penyesalan bisa membuatmu terjebak di masa lalu saat meratapi kegagalan dan kehilangan peluang Ingatlah bahwa penyesalan tidak pergi dengan sendirinya.

Maka kamu harus melakukan sesuatu untuk melepasakan penyesalan, termasuk untuk tidak melakukan kesalahan yang sama di masa lalu. Kamu juga bisa mengevaluasi setiap kesalahan yang diperbuat di masa lampau, dan memperbaikinya agar tidak terulang kembali.

3. Sadarilah akibat dari penyesalan berulang-ulang

Seperti yang sudah diungkap di awal, penyesalan akan mempengaruhi kehidupanmu kedepannya jika terus dirasakan berulang-ulang. Biasanya kamu akan bergulat dengan rasa sakit dan kemarahan setiap hari yang membutuhkan banyak energi berharga yang terbuang. Akibatnya membuat Anda kehilangan waktu tidur, merampas kedamaian dan kebahagiaan, serta menyebabkan ketegangan otot yang konstan.

4. Sadarilah bahwa hidup tidak sendirian

Jika kamu beranggapan bahwa kamu hanya hidup sendirian akibat rasa penyesalan, maka itu salah besar. Semua orang pun pernah mengalami masa-masa sulit seperti merasakan penyesalan. Lihatlah bahwa beberapa dari mereka bisa berhasil melepaskan rasa bersalahanya pada masa lalu.

Cobalah untuk bercerita dengan bertukar pikiran dengan orang lain agar kamu tidak hanya melihat dari sudut pandang dirimu saja. Ingatlah bahwa hidup itu tidak sendiri mengganti pikiran negatif Anda dengan yang positif.

5. Ketahuilah pelajaran yang dapat diambil

Jika kesalahan sudah kamu perbuat yang berujung menyesalinya, maka kamu bisa mengambil hikmah dari semua. Walaupun kesalahan adalah suatu yang buruk, tetapi bukan berarti tidak ada hal yang bisa dipetik untuk di masa mendatang.

Karena hampir setiap pengalaman sulit atau menyenangkan pasti mengajarkan kita sesuatu untuk menjadi orang yang lebih baik lagi kedepannya.  

Proses penyembuhan membutuhkan perhatian dan tindakan yang terarah agar mencapai kedamaian batin. Semoga dengan kelima tips di atas bisa melepaskan penyesalanmu dan menerima dirimu sepenuhnya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak