facebook

Sering Merasa Canggung di Depan Orang Lain, Ini 5 Tips Mengatasinya

Habil Samsuri
Sering Merasa Canggung di Depan Orang Lain, Ini 5 Tips Mengatasinya
Ilustrasi seseorang canggung. (Pexels/Ketut Subiyanto)

Terlihat kaku dan canggung ketika berada di sekitar orang lain adalah hal yang umum atau biasa dialami hampir semua orang. Orang dengan kebiasaan seperti itu biasa disebut dengan socially awkward, yang bisa berasal dari kecemasan, rasa malu, stres atau hanya karena tidak yakin bagaimana harus bertindak dalam lingkungan sosial.  

Namun, canggung bukanlah suatu kebiasaan yang terus menerus kamu rasakan. Jangan biarkan rasa canggung mengontrol pikiran dan perilakumu.

Berikut 5 tips agar kamu tidak canggung di depan orang lain.

1. Berteman dengan orang-orang yang santai

Pertama, lingkungan termasuk memengaruhi cara kamu bersikap. Ketika berinteraksi dengan orang-orang yang santai dan nyaman dengan diri mereka sendiri, secara tidak sadar kamu akan ikut terbawa suasana santai darinya. Ini akan menjadi langkah awal untuk mengubah sikap yang kaku menjadi lebih santai. Selain orang-orang dengan selera humor yang santai dan menyenangkan, carilah juga yang sefrekuensi dan memiliki aura positif. Itu semua secara perlahan menghilangkan rasa canggung dan kaku dalam dirimu.

2. Lakukan hal-hal yang menyenangkan

Jika sudah menemukan lingkungan dan teman yang santai, kamu harus memperhatikan bagaimana mereka bisa terlihat santai. Biasanya mereka akan melakukan candaan atau lelucon yang membuat suasana terlihat lebih menyenangkan. Lalu, apa yang harus kamu lakukan? Kamu bisa meniru atau belajar dari mereka yang bisa mencairkan suasana. Lakukanlah dengan spontan, jangan direncanakan. Jika tidak dipikirkan dan semua yang keluar dari mulut anda, akan terasa melegakan. Karena kekhawatiran dan kecemasan akan hilang dengan sendirinya.  

3. Berlatih untuk tidak tersinggung

Mengujarkan suatu candaan, seperti mengolok-olok sesama teman memang menyenangkan. Ini termasuk tanda bahwa kamu sudah mengenal satu sama lain dengan cukup baik. Namun, ada kalanya lelucon atau candaan yang keluar dari mulut orang lain bisa menyinggung perasaanmu. tidak satu pun dari Anda benar-benar berusaha untuk menyakiti yang lain. Jika kamu tidak tersinggung, kamu bisa menjadi orang yang lebih santai dan menyenangkan. Namun sebelumnya, tanyakan pada diri sendiri, apakah mereka bermaksud menyinggung atau itu semua untuk kesenangan? Jika memang tidak bermaksud untuk menyakiti, menertawakan diri sendiri akan menunjukkan banyak kepercayaan diri dan kerendahan hati.

4. Hilangkan harapan yang tidak realistis

Boleh saja menaruh banyak harapan pada orang lain, asal tetap realistis. Ingatlah bahwa semua orang di dunia ini tidak sempurna. Begitupun yang terjadi jika kamu sedang bersama orang lain, harapkanlah apa yang sekiranya bisa terjadi. Itu akan meminimalisasi rasa kecewa jika tidak sesuai harapanmu. Hal yang sama berlaku untuk diri sendiri, bahwa kamu tidak perlu menjadi sempurna. Lakukanlah seperti air yang mengalir tanpa ada rasa beban sedikitpun. Dengan begitu, memungkinkan kamu tidak akan terlihat kaku di depan orang lain.

5. Tetap memprioritaskan istirahat

Terakhir, jika kamu sudah melakukan semuanya agar terlihat santai di depan orang lain, jangan lupa untuk beristirahat untuk tubuh terlihat fit. Ketahuilah bahwa istirahat akan memberi Anda pikiran yang lebih jernih dan lebih banyak energi. Cobalah untuk tidur secara teratur dan bangun pada waktu yang hampir sama setiap hari. Jika Anda memiliki pikiran yang jernih dan merasa baik, Anda dapat mengambil lebih banyak dan akan cenderung tidak stres atau membiarkan hal-hal kecil mengganggu Anda.

Itulah 5 tips agar kamu terlihat santai di depan orang lain. Semua tips di atas akan terlaksanakan dengan baik jika dibarengi dengan rasa kepercayaan terhadap diri sendiri. Selain itu, ingatlah untuk tetap menjadi diri sendiri. Semoga bermanfaat, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak