facebook

4 Hal yang Akan Dirasakan oleh Pasangan Jika Beda Status Sosial, Kamu Salah Satunya?

Joni Herwanto
4 Hal yang Akan Dirasakan oleh Pasangan Jika Beda Status Sosial, Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi pasangan kekasih. (pexels/Katerina Holmes)

Setiap orang lahir dengan berbagai perbedaan yang dimilikinya. Tidak hanya dari segi karakter, tetapi juga dari status sosial yang melatarbelakanginya. Status sosial juga bisa terbentuk sejak lahir atau bahkan setelah memperoleh pekerjaan. Namun, ternyata status sosial juga dapat mendatangkan masalah bagi pasangan yang memiliki perbedaan hal tersebut. Tidak heran jika beberapa masalah ini mungkin akan dirasakan oleh para pasangan beda status sosial.

Berikut ini 4 hal yang akan dirasakan oleh pasangan jika beda status sosial.

1. Perbedaan Prinsip yang Dimiliki

Hal pertama yang terjadi jika memiliki pasangan beda status sosial, adalah perbedaan prinsip akan sering terjadi. Perbedaan prinsip ini bisa berkaitan dengan banyak hal, karena biasanya disesuaikan dengan status sosial dan latar belakang keluarga masing-masing.

Perbedaan prinsip dapat menjadi hal yang sulit untuk disatukan. Hal ini semakin sulit bila prinsipnya terkesan saling berbenturan, sehingga tidak menemukan solusi yang terbaik.

2. Stigma Negatif dari Salah Satu Pihak

Tidak dapat dimungkiri bahwa ada beberapa kekhawatiran bila sudah berkaitan dengan status sosial, terlebih dalam hubungan asmara. Sering kali banyak salah satu pihak pasangan yang mendapatkan stigma negatif atas perbedaan status sosialnya.

Misalnya dengan stigma materialistis atau hanya memandang harta. Hal semacam ini akan menjadi konsekuensi tersendiri bagi pasangan yang memiliki perbedaan status sosial.

3. Persepsi Keluarga yang Berbeda

Terkadang hal yang justru sulit untuk disatukan adalah dari pihak keluarga. Tentu keluarga akan memiliki persepsi tersendiri mengenai pasangan, apalagi jika perbedaan status sosialnya berbeda jauh.

Hal ini membuat perbedaan persepsi antar keluarga justru akan mendatangkan masalah setelahnya. Tidak heran jika sebaiknya bisa dipikirkan terlebih dahulu secara matang.

4. Perbedaan Prioritas dalam Urusan Finansial

Memiliki status sosial yang berbeda dengan pasangan dalam hubungan asmara, tentunya kebutuhan hidup serta prioritas finansialnya juga akan berbeda.

Terkadang perbedaan prioritas ini lah yang menjadi masalah antar pasangan. Tentu saja hal tersebut akan memberikan ketidaknyamanan bagi para pasangan.

Itulah 4 hal yang akan dirasakan oleh pasangan jika beda status sosial. Ternyata cukup penting bagi  pasangan untuk saling menerima status satu sama lain, apabila ingin serius dalam menjalani hubungan. Semoga membantu!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak