facebook

4 Alasan Pentingnya Saling Menjadi Pendengar yang Baik bagi Pasangan

Joni Herwanto
4 Alasan Pentingnya Saling Menjadi Pendengar yang Baik bagi Pasangan
Ilustrasi pasangan kekasih. (pexels/AndieVenzl)

Menjadi pendengar yang baik bagi pasangan merupakan sesuatu yang sering dianggap sepele, tapi sebenarnya sangat penting dalam sebuah hubungan asmara. Sering diremehkan, kegiatan yang satu ini nyatanya bisa meningkatkan keharmonisan.

Tidak melulu sibuk berbicara dan bercerita, kamu juga wajib jadi pendengar bagi pasangan. Apa pun yang pasangan ceritakan, harus kamu simak dan kemudian berikan respons yang tepat.

Jika pasangan meminta saran, maka tidak ada salahnya kamu ikut berpikir dan berusaha membantunya memecahkan masalah yang ada.

4 alasan mengapa pentingnya saling menjadi pendengar yang baik bagi pasangan.

1. Jadi Tahu Apa yang sedang Menganggu Pikiran Pasangan

Melihat pasangan yang sering melamun atau seperti punya banyak masalah, kamu yang sering jadi pendengar tentu tidak akan khawatir dan risau. Sebab, tidak lama setelah pasangan terlihat gundah gulana, pasangan pasti akan menceritakan masalahnya padamu.

Menjadi pendengar yang baik bagi pasangan akan membuat kamu selalu tahu apa yang sedang pasangan pikirkan. Berbagai masalah yang sedang pasangan hadapi juga jadi bisa kamu ketahui.

2. Komunikasi Terjalin dengan Lancar

Karena sama-sama mau mendengarkan, tidak ada yang merasa lebih dominan dan lebih ingin banyak bicara. Porsi yang tepat semacam ini bisa membuat komunikasi jadi terjalin dengan mudah dan lancar dalam hubungan asmara.

Kesalahpahaman bisa diminimalisir sebab tidak ada yang egois. Ketika komunikasi tidak bermasalah, maka fondasi hubungan pun semakin kuat. Berbagai konflik yang hadir lebih dapapt dipecahkan serta dicari solusinya bersama. 

3. Terus Saling Mengenal dengan Lebih Jauh

Sering berbagi cerita dan aktif untuk saling menjadi pendengar tentunya membuat kamu dan pasangan terus mengenal satu sama lain dengan lebih jauh. Mulai dari cerita masa kecil, pengalaman lucu, kisah sedih masa lalu, dan berbagai cerita lainnya selalu kamu dan pasangan bagikan setiap kali duduk bersama.

4. Terhindar dari Prasangka dan Rasa Cemburu

Karena selalu mengetahui apa yang terjadi dalam hidup dan keseharian pasangan, serta siapa yang dekat dengannya di tempat kerja, siapa saja teman lawan jenisnya, dan lain sebagainya, kamu jadi terhindar dari rasa curiga. Cemburu tidak berdasar pun bisa dihindari dengan cara terus menjadi pendengar bagi pasangan.

Itulah 4 alasan mengapa pentingnya saling menjadi pedengar yang baik bagi pasangan. Saling menjadi pendengar juga akan menciptakan keseimbangan dalam hubungan. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak