facebook

5 Kebiasaan yang Dimiliki Orang Sukses, Apakah Ada di Kamu?

Jessie YiCha
5 Kebiasaan yang Dimiliki Orang Sukses, Apakah Ada di Kamu?
Ilustrasi para wirausahawan sedang berdiskusi. (Unsplash/Austin Distel)

Kesuksesan dan kekayaan tidak terbentuk dalam satu malam yang instan. Setiap orang harus melalui proses yang panjang untuk mencapai kesuksesan tersebut, khususnya bagi mereka yang memulai perjalanan bisnis dan kariernya dari nol. Perlu kamu ketahui bahwa ada banyak kebiasaan khusus yang dilakukan orang-orang sukses, di mana kebiasaan ini tidak dimiliki oleh orang pada umumnya. 

Thomas Corley, seorang akademisi, dosen, motivator, dan penulis buku pernah melakukan riset selama lima tahun yang kemudian dituangkan dalam bukunya yang berjudul Rich Habits: The Daily Success Habits of Wealthy Individuals. Riset ini bertujuan untuk meneliti kebiasaan-kebiasaan orang kaya yang membedakan mereka dengan orang pada umumnya.

Berikut 5 kebiasaan yang dimiliki orang sukses.

1. Melakukan perencanaan yang matang

Sebelum memulai hari, orang-orang sukses biasanya akan selalu melakukan perencanaan mengenai apa yang hendak mereka lakukan pada hari itu.

Fungsinya supaya bisa memanfaatkan waktu secara efisien dan memastikan bahwa setiap hari yang mereka jalani dapat menghasilkan output yang signifikan. Kamu bisa memulai kebiasaan ini dengan membuat to do list harian. 

2. Berlatih dan belajar secara rutin

Orang-orang sukses memiliki motivasi dan keinginan yang kuat untuk mengembangkan diri. Karena dengan memiliki skill baru atau memperdalam kemampuan yang telah dimiliki, mereka dapat berfokus pada sebuah spesialisasi di mana ini akan menjadi aset akademis yang sangat menguntungkan untuk jangka panjang.

Nah, kamu juga bisa memulai kebiasaan baik ini dengan mempelajari hal-hal yang memang menjadi ketertarikanmu di berbagai situs kursus online gratis yang tersedia di internet.

3. Selalu membaca buku

Riset yang dilakukan Thomas Corley mengungkapkan bahwa 85% orang kaya membaca minimal dua buku setiap bulan.

88% orang kaya menggunakan minimal 30 menit untuk membaca buku. Buku-buku yang sering mereka baca adalah buku sejarah, pengembangan diri, dan kisah perjalanan hidup dari para orang sukses lainnya. 

4. Menjaga dan memperhatikan kesehatan

Orang sukses menghabiskan waktu sepanjang 20-30 menit setiap hari untuk melakukan olahraga aerobic, setidaknya setiap empat hari dalam seminggu.

Selain menjaga kesehatan, olahraga aerobic juga membantu membentuk semangat positif sebelum menjalani hari.

Kemudian, mereka juga menjaga pola makan dan pola tidur yang tepat sehingga efisiensi kerja di jam-jam produktif tetap terjaga.

5. Membangun lingkungan yang positif

Tak dapat dimungkiri bahwa lingkungan akan sangat memengaruhi pola hidup kita, termasuk kebiasaan-kebiasaan baik.

Oleh karena itu, orang-orang sukses selalu berusaha mengelilingi diri mereka dengan orang-orang yang dapat mendukung dan membantu mereka meraih tujuan dan merealisasikan mimpi.

Untuk membangun lingkungan yang membangun seperti ini, kamu perlu bersikap selektif sejak awal karena suatu circle terbentuk sejak pertama kali kamu masuk ke lingkungan masyarakat.

Itulah 5 kebiasaan orang-orang sukses di seluruh dunia yang bisa kamu terapkan. Apakah ada kebiasaan yang kamu miliki juga?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak