facebook

5 Hal yang Harus Kamu Pahami Saat Membenci Seseorang

Mutami Matul Istiqomah
5 Hal yang Harus Kamu Pahami Saat Membenci Seseorang
Ilustrasi membenci (Freepik.com)

Senang dan suka, cinta dan benci merupakan sebuah perasaan yang sulit untuk dikendalikan. Kita bisa mencintai seseorang tanpa alasan, pun membenci seseorang tanpa adanya alasan. Membenci bukanlah perasaan yang dilarang. Namun demikian, bukanlah hal yang lepas untuk tidak diperhatikan. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika membenci seseorang. 

5 hal yang harus kamu pahami saat membenci seseorang.

1. Tidak perlu berlebihan

Ketika kamu membenci seseorang, akan lebih baik untuk tidak berlebihan. Misalnya, dengan melakukan hal buruk kepada orangnya, menghalangi kesuksesannya, menyulitkan urusannya, dan lain sebagainya.

Biasanya, kita akan membenci seseorang karena salah satu sikapnya yang tidak kita suka. Akan lebih baik jika kita bisa membenci saja sikapnya, tapi tidak membenci pribadinya. 

2. Tidak perlu diumbar

Membenci seseorang juga bukan merupakan hal yang baik untuk diumbar karena tidak akan ada gunanya. Alih-alih berguna, justru kamu bisa menambah masalah baru dan memperumit masalah yang kamu buat sendiri.

Ketika kamu memiliki masalah dengan seseorang, akan lebih baik bagimu untuk langsung menyampaikan kepada yang bersangkutan. Begitu pula ketika kamu membenci sikap seseorang, akan lebih baik bagimu untuk langsung menegurnya ketimbang menyindir melalui sosial media. 

3. Belajar untuk menghargai orang lain

Kadang kala, kamu harus belajar untuk menghargai orang lain. Kamu perlu memahami bahwa manusia tidak ada yang sempurna, baik orang lain maupun dirimu sendiri. 

Setiap orang tidak ada yang sama dan kamu harus mampu menghargai perbedaan. Bayangkan, dari banyak orang mereka tulus menerima kamu apa adanya. Kenapa kamu harus menuntut seseorang untuk menjadi seperti yang kamu mau? 

4. Cobalah untuk lebih mengenalnya

Ketika kamu membenci seseorang, tidak ada salahnya untukmu mencoba mendekatkan diri dan lebih mengenal kepribadian orang tersebut. 

Siapa tahu, dengan mendekatinya kamu bisa memiliki pandangan lain terhadapnya. Jangan pernah memandang orang sebelah mata. Bisa jadi, kamu membencinya dalam satu hal, tapi kamu akan mengaguminya dalam lain hal. 

5. Fokus pada diri sendiri

Kebencian pada seseorang bukanlah hal yang harus selalu dipikirkan. Jika terus membuatmu kepikiran bahkan seolah menjadi beban, itu berarti kamu sedang menyakiti dirimu sendiri. Orang yang kamu benci, belum tentu peduli dengan rasa bencimu. Kamu tidak perlu repot-repot memikirkannya. 

Itu dia 5 hal yang harus kamu perhatikan ketika membenci seseorang. Cobalah untuk bersikap dewasa dan bijaksana, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak