facebook

5 Tips Menghadapi Teman Munafik yang Harus Kamu Tahu, Jangan Terlalu Akrab!

Diat Anugrah
5 Tips Menghadapi Teman Munafik yang Harus Kamu Tahu, Jangan Terlalu Akrab!
Ilustrasi Pertemanan (Pexels/ Bas Masseus)

Manusia memiliki karakter yang beragam, ada karakter baik namun ada pula karakter sebaliknya. Karakter buruk sangat tidak disukai oleh semua orang dan orang yang memiliki karakter buruk tersebut bisa membuat orang lain kesal. Salah satunya saat menghadapi teman yang munafik. Orang dengan sifat ini seakan-akan bermuka dua atau lebih, sehingga ucapannya busa berbeda-beda.

Ciri-ciri orang munafik sendiri setidaknya ada tiga. Pertama, jika berkata ia akan berdusta atau berbohong. Kedua, jika berjanji ia akan mengingkari. Dan yang terakhir adalah jika diberi kepercayaan akan berkhianat. Sifat munafik ini bisa dimiliki oleh siapa saja, tidak terkecuali teman kita sendiri. Berikut 5 tips menghadapi teman yang memiliki karakter munafik.

1. Jangan Terlalu Bawa Perasaan

Tidak jarang kita berteman dengan menggunakan perasaan. Semakin dekat atau akrab kita dengan seorang teman, akan semakin kuat perasaan kita. Biasanya kita akan merasa teman kita menjadi salah satu orang yang kita pedulikan.

Namun jika kita memiliki teman yang munafik, lebih baik kita tidak memberikan perasaan kita pada teman tersebut. Karena jika kita memberikan perasaan kita, besar kemungkinan kita akan sering dikecewakan.

2. Jangan Terlalu Akrab

Teman munafik termasuk orang yang harus kita waspadai. Hal ini dikarenakan mereka dapat menusuk kota dari belakang. Baik ketika di hadapan kita, namun menyakiti kita di belakang. 

Oleh karena itu, hendaknya kita menjaga jarak dengan teman tersebut. Jangan terlalu dekat atau akrab dengannya. Semakin akrab kita dengan teman munafik, semakin mudah baginya untuk menusuk kita dari belakang.

3. Jangan Umbar Rahasia

Teman dengan karakter munafik adalah orang yang tidak dapat dipercaya dalam banyak hal, termasuk dalam menjaga rahasia. Jika kita curhat atau membagi rahasia dengannya, dia dapat membeberkan rahasia tersebut kepada orang lain.

Oleh karena itu, hendaknya kita menjaga rahasia kita dari teman kita yang munafik. Selain rahasia kita tersebar, teman munafik juga bisa menggunakannya untuk menusuk kita dari belakang.

4. Bersikap Seperti Biasa

Jika ada teman munafik yang bersikap baik di depan kita namun kita tahu betapa buruk sifatnya ketika di belakang kita, alangkah baiknya jika kita tetap bersikap seperti biasa. Jangan terpancing emosi dan melakukan hal yang kurang baik. Hal tersebut dapat merugikan diri kita sendiri.

Jika ingin marah atau menegur, lakukan dengan baik. Jangan sampai tindakan kita menjadi boomerang yang menyerang balik kita.

5. Jangan Berharap Banyak

Kita terkadang menaruh harapan pada teman kita. Misalnya berharap teman kita akan memberi pertolongan saat kita membutuhkan. Namun jika ada teman kita yang munafik, lebih baik jangan berharap banyak kepadanya. Berharap kepada orang yang munafik dapat membuat kita kecewa. Mungkin kita hanya bisa berharap dia bisa mengubah sifatnya dan tidak lagi menjadi orang yang munafik.

Demikianlah 5 tips menghadapi teman yang munafik. Selamat mencoba.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak