facebook

Hindari 4 Tipe Orang Toxic di Lingkungan Sekitar, Supaya Tidak Salah Berteman!

rohman why
Hindari 4 Tipe Orang Toxic di Lingkungan Sekitar, Supaya Tidak Salah Berteman!
ilustrasi tipe orang toxic (pexels.com/Alari Tammsalu)

Di dalam kehidupan atau di dalam pergaulan, tentu kita di kelilingi oleh orang-orang yang sangat berpengaruh bagi kehidupan kita mencari pertemanan dalam pergaulan. Ada orang-orang yang menjadi inspirasi kita untuk mencapai banyak hal, ada pula orang yang justru menjatuhkan dan membuat hidup tidak lagi berasa nyaman.

Tipe orang toxic ini ialah yang disebut dengan manusia yang toxic, tipe orang ini biasanya menyuntikan racunnya secara perlahan-lahan ke dalam pikiran orang lain, baik melalui perkataan maupun tindakan atau perbuatannya. Jika hal ini terus dibiarkan, maka orang-orang toxic ini akan berhasil mencapai tujuannya yaitu mengganggu mental hingga menimbulkan kemunduran kepada orang-orang di sekelilingnya.

Berikut, 4 tipe orang toxic di lingkungan sekitar:

1. Tipe Orang Manipulatif

Orang dengan sikap manipulatif ialah jenis orang toxic yang paling berbahaya dan sulit dihindari, orang manipulatif biasanya akan bersikap wajar dan memperlakukan anda dengan baik selayaknya teman. Mereka bahkan tau apa pun tentang anda, namun informasi inilah yang ia gunakan untuk mengendalikan anda dalam mencapai tujuannya.

Sikap manipulatif ialah gabungan dari sikap egois, narsis, dan mencari keuntungan untuk diri sendiri. Mereka akan mencoba menyetir anda untuk melakukan hal yang dia mau.

Jika hal itu terjadi maka ia akan merasa menang dan bisa mempengaruhi mental anda untuk merasa kecil dan tidak berguna, dia akan mengkhianati anda jika semua informasi yang dibutuhkan dari anda telah didapatkan. Dan ini membuat anda untuk sulit mempercayai orang lain lagi.

Menghindari atau bahkan menjauhi orang manipulatif cukup dengan berhenti mengikuti apa maunya, jika ia pergi maka itu ialah keuntungan bagi anda karena terhindar dari manusia tipe toxic ini yang merugikan anda.

2. Tipe Orang Tukang Kritik

Orang tipe toxic ini suka sekali mengkritik apa yang dilakukan oleh orang lain, di balik komentarnya biasanya ia menyisipkan pujian dengan nada yang cenderung menyindir.

Ia akan memuji apa yang anda lakukan, kemudian mengkritik dengan mengaitkan bahwa ia juga bisa melakukan hal yang sama dan membuat anda merasa tidak berguna atau menunjukkan bahwa apa yang dia lakukan lebih baik dan memandang rendah pilihan anda. Tujuannya ialah untuk membuat anda tidak percaya diri dan tidak bebas untuk berekspresi.

Anda bisa mengatasi hal tersebut dengan menjawab komentarnya dengan cara yang sama lalu jangan pernah pikirkan apa yang dia katakan. Apabila anda terpaksa harus berada di lingkungan yang sama dengan orang tipe toxic ini anda bisa menghindarinya atau dengan berhenti memberitahu apa pun rencana atau tujuan yang ingin anda lakukan.

3. Tipe Orang Egois

Kita tentu banyak menemukan beberapa orang yang egois selama hidup di dunia ini, bahkan kita sendiri tentu pernah melakukannya. Tetapi, beberapa orang menjadi tipe orang egois mempengaruhi lingkungan sekitarnya.

Tipe orang egois biasanya akan berusaha untuk terus dekat dengan sekitarnya, meminta banyak hal dan menjajikan hal yang sama kepada teman, sahabat, atau rekan kerjanya.

Namun, sebaliknya ketika ia diminta hal yang sama, orang tipe egois ini tidak akan peduli, ia hanya akan melakukan hal yang menguntungkan dirinya sendiri. Tipe orang egois cenderung malas dan tidak akan pernah menolong pekerjaan orang lain yang bukan tanggung jawabnya.

4. Tipe Orang Tukang Gosip

Terkadang anda membicarakan hal-hal kecil yang terjadi kepada orang-orang disekitar kita, hal itu disebut dengan bergosip. Faktanya, bergosip cenderung membicarakan kemalangan orang lain, tidak jarang juga jika anda tergabung dalam kumpulan tukang gosip ini, maka kita mendapat kesenangan dari kemalangan orang yang dibicarakan. Berada di lingkungan tukang gosip mungkin awalnya terkesan bergurau dan menyenangkan.

Tetapi, apabila dipikirkan kembali, anda akan merasa bahwa hal tersebut sama sekali bukan hal yang bermanfaat. Beberapa orang yang bergosip untuk merendahkan orang lain karena merasa tidak iri dengan pencapaian yang orang lain lakukan.

Maka dari itu, pilihlah lingkungan yang positif, agar membahas pencapaian orang lain untuk dijadikan inspirasi dan menghindari tipe orang tukang gosip yang akan membuat anda menyia-nyiakan waktu berharga anda.

Demikian, 4 yang harus dihindari tipe orang yang toxic supaya tidak salah berteman, maka dari itu pilih-pilihlah dalam berteman dan memperhatikan lingkungan sekelilingnya supaya terhindar dari tipe orang yang toxic ini. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak