facebook

4 Tips Mengatasi Hipersomnia yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Buat Jadwal Tidur

Calvin Vadero
4 Tips Mengatasi Hipersomnia yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Buat Jadwal Tidur
Ilustrasi seseorang sedang tertidur (Pexels/Andrea Piacquadio)

Apakah kamu pernah mengalami tidur berlebihan? Tidur berlebihan atau biasa dikenal sebagai hipersomnia adalah kondisi dimana tubuh beristirahat dengan waktu yang lama. Hipersomnia memengaruhi sekitar 2 persen orang.

Orang dengan hipersomnia  memerlukan sebanyak 10 hingga 12 jam tidur per malam untuk merasakan tidur yang baik. Oleh karena kehidupan sehari-hari mungkin termasuk tanggung jawab yang tidak memungkinkan untuk istirahat sebanyak ini, orang yang tidur lama mungkin merasa sangat lelah di siang hari tidur sebanyak 15 jam.

Jika kamu sering terbangun di tengah malam, mungkin kamu mengalami hipersomnia. Hipersomnia biasanya dimulai pada masa kanak-kanak. Jika kamu tidak selalu merasa lelah seperti sekarang, mungkin ada hal lain yang terjadi.

Faktor gaya hidup memiliki peran penting dalam kasus ini. Jika kamu tidak cukup tidur secara teratur, tubuh kamu mungkin mencoba menebusnya dengan tidur berlebihan.

Berikut 4 tips yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi hipersomnia.

1. Membuat jadwal tidur

Pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan di akhir pekan. Disadur dari Wmnlife,  ketika kamu pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, kamu mengondisikan tubuh  untuk mengharapkan tidur selama waktu itu. Kamu akhirnya masuk ke ritme di mana tidur datang lebih mudah.

2. Ciptakan lingkungan tidur yang ideal

Disadur dari Medium, tempat yang nyaman akan membantu tubuh kamu mudah untuk tidur. Pastikan kamar tidur kamu sejuk, gelap, dan tenang. Kamu dapat menggelapkan ruangan menggunakan tirai, memasang penyumbat telinga yang dapat membantu menghilangkan gangguan.

Cobalah untuk membatasi jumlah hewan peliharaan atau anak-anak yang tidur di tempat tidur kamu, dan hindari tertidur dengan televisi menyala, meskipun suaranya dimatikan dan cobalah untuk mengganti bantal atau kasur Anda jika tidak nyaman.

3. Memperbaiki gaya hidup

Disadur dari Healthline, merawat diri sendiri akan membantu kualitas tidur kamu. Pikirkan tentang hal-hal yang kamu konsumsi setiap hari. Contohnya, kafein dapat membuat kamu pusing jika dikonsumsi saat mendekati jam tidur atau alkohol dapat membuat kamu mengantuk, tetapi sebenarnya membuat kualitas tidur kamu semakin buruk.

Cobalah untuk mencoba mengonsumsi teh herbal atau susu hangat sebelum tidur.  Teh herbal atau susu hangat adalah pengganti yang lebih baik. Selain itu, olahraga baik untuk tubuh kamu, tetapi melakukannya tepat sebelum tidur dapat mengganggu tidur kamu.

4. Buat buku harian tidur

Jika kamu memiliki rasa takut tentang tidur, cobalah untuk menulis sesuatu tentang itu. Tuliskan apa saja dan segala sesuatu tentang kebiasaan  kamu yang biasa sehingga kamu dapat menunjukkannya kepada dokter.

Pastikan untuk mencatat berapa lama Anda tidur setiap malam, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk tertidur, apakah kamu  tidur siang di siang hari, dan hal lain yang berhubungan dengan tidur kamu yang menurut kamu penting.

Itulah 4 tips yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi hipersomnia. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak