facebook

Lebih Hemat, Begini 4 Tips Merawat Rambut di Rumah ala Salon

Zulfa Aulia Nurfaiza
Lebih Hemat, Begini 4 Tips Merawat Rambut di Rumah ala Salon
Ilustrasi Merawat Rambut (pixabay)

Sering kali kita mendengar istilah rambut adalah mahkota bagi wanita. Baik wanita yang berhijab maupun nonhijab, tentu menginginkan rambut yang sehat dan terawat. Tidak memandang bentuk rambut apapun itu kesehatan rambutlah yang utama. Standar rambut yang sehat misalnya memiliki akar rambut yang kuat, tidak berketombe, berkilau dan mudah diatur.

Bagi sebagian orang yang kurang memiliki waktu untuk merawat rambut secara mandiri biasanya akan lebih memilih untuk datang ke salon. Selain keterbatasan waktu, alasan lain orang-orang pergi ke salon karena tempat perawatan yang nyaman, tenaga ahli yang profesional dalam melakukan tindakan perawatan rambut juga menjadi pertimbangan untuk datang ke salon. 

Pilihan lain selain datang ke salon untuk melakukan perawatan rambut yakni dengan merawat rambut secara mandiri di rumah. Hal ini tentunya akan lebih ekonomis dan lebih hemat. Berikut ini beberapa langkah yang bisa kalian lakukan untuk merawat rambut dari rumah.

1. Rajin keramas minimal dua kali seminggu

Perawatan sederhana pertama yang sudah biasa kita lakukan yakni dengan keramas rutin minimal dua kali seminggu. Tentunya dengan menggunakan sampo yang tepat  sesuai dengan kondisi rambut.

Keramas atau mencuci rambut dapat membantu untuk membersihkan kulit kepala dari ketombe, debu bahkan polusi yang menepel ketika kita beraktivitas di luar ruangan. Beberapa orang percaya bahwa saat kondisi rambut segar, pikiran dan suasana hati pun akan turut mengikuti menjadi lebih santai.

2. Menggunakan kondisioner

Perawatan kedua yakni denga menggunakan kondisioner. Kondisioner sebagai penunjang perawatan rambut kedua setelah memakai sampo. Meskipun terkadang masih banyak orang yang melewatkan tahapan memakai kondisioner ini.

Padahal, jika dilakukan secara rutin, pemakaian kondisioner setelah keramas dapat membantu rambut untuk lebih mudah saat diatur, mencegah rambut bercabang serta menambah kekuatan pada rambut sehingga tidak mudah rontok.

3. Perawatan masker rambut dua kali seminggu

Perawatan rambut yang ketiga yakni dengan rutin memakai masker rambut dua kali seminggu. Sama seperti halnya wajah atau bahkan badan kita yang setiap dua kali seminggu butuh untuk dimanjakan,  rambut kita pun juga demikian.  

Terlebih bagi orang-orang yang sangat sering men-stylish rambutnya, menggunakan catokan dan lain sebagainya yang dapat berpotensi meningkatkan kerusakan rambut, masker rambut adalah salah satu solusinya.

Masker rambut dapat mencegah kerusakan rambut secara perlahan karena biasanya masker rambut memiliki bahan aktif yang aman untuk mengembalikan nutrisi rambut yang sudah mulai pudar. Untuk menggunakan masker rambut sendiri tidak memerlukan waktu yang lama, cukup sekitar 15-30 menit saja. 

4. Melengkapi dengan vitamin rambut

Perawatan rambut akan lebih maksimal lagi dengan dukungan berupa vitamin rambut yang amat mudah didapatkan. Deretan brand vitamin rambut sudah beredar luas di minimarket yang mudah kita jangkau. Pun dengan harga yang juga masih terbilang ekonomis, vitamin rambut sudah bisa kita dapatkan.

Demikian tadi beberapa tips sederhana merawat rambut namun jika dilakukan secara rutin dan terus menerus tentunya akan membuahkan hasil yang maksimal berupa rambut yang sehat terawat. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak