facebook

Rekomendasi Jamuan untuk Hari Raya Idul Fitri

Zulfa Aulia Nurfaiza
Rekomendasi Jamuan untuk Hari Raya Idul Fitri
Ilustrasi Lebaran. (Pexels)

Hari Raya Idul Fitri merupakan momen yang dinanti oleh kaum muslim setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Hari Raya juga adalah momen dimana sanak saudara, tetangga, dan kerabat saling berkunjung untuk bersilaturahmi serta bermaaf-maafan.

Semarak Hari Raya sudah terasa pada malam takbiran, kemudian dilanjutkan esok hari saat setelah ibadah sholat Idul Fitri. Acara saling berkunjung selalu diramaikan dengan hidangan khas lebaran mulai dari jajanan yang tersedia di meja ruang tamu sampai hidangan inti untuk makan bersama. 

Jamuan di meja ruang tamu saat Idul Fitri rasanya sangat khas karena tidak ditemui pada hari-hari biasa. Sebagai tuan rumah juga berusaha menjamu tamu yang akan berkunjung dengan sebaik-baiknya jamuan agar hari raya terasa semakin khidmat. Pun ditambah dengan selingan obrolan ringan ketika mencicipi jamuan di meja ruang tamu yang sudah disediakan adalah salah satu momen yang berharga. 

Bagaimana dengan kalian? Masik bingung ingin menyajikan jamuan apa saja di meja ruang tamu? Simak beberapa referensi berikut ini :

1. Aneka kue kering

Rekomendasi pertama dan yang paling umum disajikan saat momen lebaran yakni kue kering. Aneka kue kering yang beragam antara lain nastar, kastangel, putri salju, kue kacang dan masih banyak lagi biasanya menjadi menu utama jamuan di ruang tamu.

Rasa kue kering yang enak dan tidak meninggalkan kesan aneh ditenggorokan karena proses pemanggangan kue tersebut menjadi salah satu yang dinantikan saat berkunjung dari rumah ke rumah. Adapun kue kering tersebut nampak cantik saat ditaruh di dalam toples-toples kaca sehingga nampak semakin menarik.

Kue kering ini juga memiliki daya tahan yang lama sehingga dapat dibeli atau dibuat jauh-jauh hari sebelum hari lebaran. Tak jarang banyak juga yang menjadikan kue kering ini sebagai pengisi hampers lebaran.

2. Kacang goreng atau panggang

Rekomendasi jamuan kedua yakni kacang goreng atau juga bisa kacang panggang. Di beberapa rumah menyajikan kacang goreng atau panggang karena sangat praktis untuk dibuat. Mayoritas orang pun menyukai kacang ini terlebih untuk menemani ngobrol santai sambil ditemani secangkir teh hangat sebagai pelengkap.

Tidak hanya kacang tanah biasa, namun terkadang kacang mente juga menjadi jamuan yang istimewa dan mungkin dapat dikatakan sudah cukup langka saat ini. Untuk mengolah kacang agar memiliki rasa gurih sebenarnya cukup simpel.

Hanya dengan memberikan bumbu berupa ulekan bawang putih dan garam saja, kacang tersebut sudah enak rasanya. Mudah sekali bukan?

3. Kurma

Rekomendasi jamuan selanjutnya yakni kurma. Ya, baru saja lepas dari bulan Ramadhan tentunya penjual kurma masih eksis dan tidak jarang mereka juga menawarkan kurma sampai lebaran usai. Kurma menjadi salah satu jamuan yang sehat karena rasa manis alami yang dimiliki.

Kurma sendiri juga aman dikonsumsi dalam jumlah banyak karena tidak perlu campuran lain untuk membuatnya terasa lezat. Seperti yang sudah diketahui, ada banyak ragam jenis kurma mulai dari harga terjangkau sampai lumayan mahal sesuai kualitas kurma masing-masing.

Kurma juga digadang-gadang sebagai pengobat rindu akan bulan ramadhan yang hanya hadir satu kali dalam setahun. Tidak heran jika kurma menjadi primadona dalam setiap jamuan rumah yang kita kunjungi.

Demikian tadi beberapa referensi jamuan untuk dapat kalian sajikan di meja ruang tamu saat hari raya tiba. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak