facebook

Persiapkan 4 Hal Penting Ini sebelum Mudik Lebaran!

Zulfa Aulia Nurfaiza
Persiapkan 4 Hal Penting Ini sebelum Mudik Lebaran!
Ilustrasi Mudik Lebaran.[pexels]

Momen mudik atau yang juga dikenal dengan istilah pulang kampung adalah salah satu momen yang ditunggu-tunggu ketika lebaran tiba. Mayoritas masyarakat memilih menyempatkan mudik ketika lebaran tiba sebab di hari biasa mereka terhimpit kegiatan yang begitu menyita waktu. Mudik atau kembali ke kampung halaman untuk bersilaturrahmi pula menjadi  agenda khas umat muslim untuk rehat sejenak dari hiruk-pikuk aktivitas pekerjaan terlebih yang mungkin bekerja di wilayah perkotaan.

Ketika bulan Ramadan sudah hampir berakhir, banyak diantara kita juga mulai mempersiapkan waktu untuk mudik. Ada sebagian orang yang memilih berangkat mudik sebelum lebaran tiba, ada juga yang memilih mudik jeda beberapa hari setelah lebaran. Pemilihan waktu tersebut biasanya disebabkan perkiraan kondisi lalu lintas yang mungkin saja membeludak saat lebaran tiba. 

Nah, kebiasaan saat mudik salah satunya dengan membawa buah tangan atau oleh-oleh untuk keluarga serta sanak sudara di kampung. Selain mempersiapkan oleh-oleh yang dibawa ke kampung halaman untuk dibagikan, masih ada beberapa hal yang tidak bisa dikesampingkan menjelang mudik.  Wah apa saja ya? Simak beberapa persiapan yang wajib dilakukan ketika menjelang mudik di bawah ini :

1. Cek kendaraan

Persiapan pertama menjelang mudik yakni mempersiapkan kendaraan, entah mengendarai kendaraan pribadi maupun umum. Untuk kalian yang melakukan mudik dengan mengendarai kendaraan pribadi, pastikan kendaraan kalian dalam kondisi prima dari luar maupun dari dalam. Terutama bagian-bagian utama seperti mesin, rem dan juga roda yang amat perlu dilakukan pengecekan berulang. 

2. Cek kesehatan

Tentu saja kesehatan juga menjadi salah satu bagian persiapan mudik yang tidak boleh diremehkan. Khusus bagi sopir yang akan mengendarai kendaraan sebisa mungkin mempersiapkan tenaga dengan beristirahat yang cukup di hari sebelumnya. Berkaca dari musibah lalu lintas yang sudah-sudah, banyak kejadian yang tidak diinginkan terjadi akibat supir kelelahan. Pun kesehatan bagi penumpang juga diperhatikan dengan memastikan badan dalam keadaan fit. Seperti layaknya peribahasa yang mengatakan sedia payung sebelum hujan, saat sebelum melakukan perjalanan mudik juga ada baiknya turut membawa obat-obatan ringan seperti minyak kayu putih, obat sakit kepala, obat anti mabuk kendaraan dan lain sebagainya.

3. Cek barang bawaan

Saat momen mudik tiba, banyak diantara kita yang memilih untuk tinggal beberapa saat di kampung halaman. Hal tersebut pula membuat persiapan akan barang bawaan juga lebih membutuhkan persiapan jauh-jauh hari agar ketika menginap di kampung halaman kita tidak kerepotan. Barang bawaan antara lain dimulai dari yang utama seperti baju ganti, pakaian dalam, serta peralatan mandi.

Selain itu, kita juga perlu membawa tas cadangan untuk tempat khusus menaruh pakaian yang sudah kotor agar tidak tercampur menjadi satu dengan pakaian yang masih bersih. Barang bawaan yang lain seperti bantal perjalanan, sandal dan tidak lupa makanan. Untuk barang bawaan seperti makanan ini untuk persediaan saat di tengah perjalanan apabila terkena macet dan tidak sempat mampir ke tempat makan. Jika sudah mempersiapkan bekal makanan, maka jangan lupa mempersiapkan bekal minuman yang praktis utamanya air putih agar tidak kehausan selama perjalanan mudik.

4. Selalu waspada saat berada di keramaian

Dan tips terakhir saat mudik yakni selalu waspada ketika berada di keramaian seperti rest area, tempat makan, toilet umum dan lain sebagainya. Kewaspadaan yang perlu kita terapkan terutama pada barang bawaan utama seperti dompet, kunci kendaraan, serta barang pribadi lainnya. Selau ingat barang apa saja yang kita bawa dan sebelum meninggalkan tempat umum pastikan kembali barang bawaan masih tetap aman bersama kita.

Itulah tadi empat hal yang wajib diperhatikan saat menjelang mudik lebaran agar perjalanan lancar, aman dan selamat sampai tujuan. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak