facebook

5 Tips Mempersiapkan Mental sebelum Masuk Kuliah!

Lisa Pratiwi
5 Tips Mempersiapkan Mental sebelum Masuk Kuliah!
Ilustrasi mahasiswa (Pexels/Buro Millennial)

Memasuki dunia perkuliahan dan menyandang gelar sebagai mahasiswa merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh sebagian besar siswa. Banyak siswa sekolah menengah atas ataupun kejuruan yang telah belajar dengan sungguh-sungguh agar bisa masuk ke salah satu perguruan tinggi impiannya. Namun, persiapan memasuki dunia perkuliahan dari segi akademis saja tidak cukup lho. Kamu juga harus mempersiapkan mental dengan matang agar tidak terkejut dengan dunia perkuliahan yang sangat berbeda dengan dunia sekolah.

Ini dia beberapa persiapan mental yang bisa kamu lakukan sebelum memasuki dunia perkuliahan, versi penulis.

1. Memilih Jam dan Mata Kuliah Sendiri? Emang Bisa?

Yup! Di beberapa kampus, bahkan kamu bisa memilih mata kuliah sesuai minat kamu lho. Begitu pula dengan dosen dan jadwal nya perkuliahannya. Hal ini disebut dengan merancang Kartu Rencana Studi (KRS). Setiap mahasiswa wajib merancang KRS sebelum memasuki semester baru. Jangan lupa saat pengisian KRS kamu wajib konsultasi kepada dosen pembimbing ya!

2. Jadwal Kuliah yang Mudah Berubah

Berbeda dengan sistem belajar di sekolah. Jadwal di perkuliahan bisa berubah kapan saja, tergantung kesepakatan mahasiswa dengan dosen yang bersangkutan. Kamu harus bersiap-siap jika 1 jam sebelum perkuliahan dosen tiba-tiba membatalkan pertemuan, hal itu sudah biasa.

Kamu dituntut untuk bisa mengerti bahwa dosen tidak hanya mengajar, namun dosen juga memiliki kewajiban lain seperti melakukan penelitian, membimbing skripsi, menjadi ketua di departemen lain, dsb. Satu-satunya hal yang bisa mahasiswa lakukan adalah bersabar dan tersenyumlah!

3. Sistem Penilaian yang Unik

Masing-masing kampus di Indonesia memiliki sistem penilaian tersendiri. Namun, sebagian besar perguruan tinggi memiliki satu poin penilaian yang hampir sama. Yaitu, keaktifan partisipasi di dalam kelas. Dosen akan menilai seberapa sering kamu menjawab atau menanggapi pertanyaan dosen serta temanmu. Kunci agar bisa mendapat nilai yang baik adalah dengan fokus mendengarkan perkuliahan, alhasil kamu pasti bisa berpartisipasi dengan maksimal di dalam diskusi kelas.

4. Lingkar Pertemanan yang Mungkin Mengecil

Tidak dapat dipungkiri, semakin dewasa, maka lingkaran pertemanan kita pun akan semakin mengecil. Hal ini dikarenakan kita mengetahui kesibukan dan tingkat prioritas yang harus dikerjakan sebagai mahasiswa. Untuk menghindari hal ini, mulailah mencari dan mendekatkan diri dengan beberapa teman di kelas agar kamu tidak sendiri. Selain itu, memiliki teman dekat di kelas juga mampu menambah semangat kamu dalam belajar.

5. Momen untuk Belajar Mandiri

Dunia perkuliahan adalah dunia nya pelajar dewasa. Yang mana kamu diharuskan untuk bisa belajar mandiri. Meskipun dalam dunia perkuliahan kamu memiliki banyak teman, kamu juga harus bisa menentukan arah hidupmu sendiri. Kamu tidak bisa serta merta mengikuti keinginan teman-temanmu.

Di sisi lain, kamu juga harus bisa mengandalkan dirimu sendiri untuk berjaga-jaga jika suatu saat nanti temanmu tidak ada di sampingmu di saat kamu membutuhkan bantuannya. Hal yang paling penting, semua keputusan ada di dalam dirimu, dengarkan kata hati mu, dan lakukan yang terbaik!

Itu tadi 5 tips dalam mempersiapkan mental sebelum memasuki dunia perkuliahan. Semoga artikel ini bermanfaat ya

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak