facebook

Sambut Ramadan, Ini 5 Tips Agar Tetap Fit saat Puasa

Muhammad Afsal Fauzan S.
Sambut Ramadan, Ini 5 Tips Agar Tetap Fit saat Puasa
Ilustrasi puasa (Freepik)

Mengetahui sejumlah tips agar tubuh tetap fit saat puasa merupakan yang penting. Hal ini tentunya bisa membuat ibadah puasa kamu tetap lancar dan menghindari dari risiko penyakit. Mengingat, ketika berpuasa daya tahan tubuh kita bisa saja terganggu, apalagi di tengah pandemi Covid-19 yang masih belum mereda.

Dengan berpuasa artinya kamu perlu menahan lapar, haus, serta hawa nafsu kurang lebih sekitar 12 jam dalam sehari. Sewaktu-waktu, puasa bisa menurunkan daya tahan dan membuat tubuh tidak fit kalau kamu kurang memberikan asupan nutrisi ketika waktu sahur dan berbuka. Selain itu, ada pula kegiatan yang bisa membuat kamu tetap sehat saat berpuasa.

Nah, ini dia tips agar tetap menjaga tubuh tetap fit saat puasa dikutip dari Hellosehat.com, di antaranya:

1. Makan Makanan Bernutrisi saat Sahur dan Berbuka

Selama puasa, kamu akan mengalami perubahan jadwal dan pola makan. Meskipun demikian, kamu tetap direkomendasikan untuk memenuhi asupan nutrisi dari makanan ketika sahur dan berbuka. Kamu bisa mengonsumsi makanan bernutrisi, seperti sayur dan buah seperti kale, kangkung, kentang, wortel, apel, anggur, ubi, dan lain-lain.

Selain itu, makanan sehat bervitamin bisa membantu memperkuat daya tahan tubuh. Dengan demikian, tubuh kamu tetap kuat dan fit ketika berpuasa. Jadinya, kamu akan tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

2. Cukup Istirahat

Selama bulan Ramadan, waktu tidur kamu bisa saja berubah. Hal ini tentunya dikarenakan kamu perlu bangun untuk sahur pada dini hari. Dengan demikian, hal tersebut mungkin menjadikan kamu tidak tidur setelahnya, dan akhirnya jam istirahat berkurang.

Akan tetapi, alangkah lebih baiknya kamu mengatur jadwal sampai total waktu tidur tetap 7 hingga 8 jam. Kamu dapat tidur lebih awal usai melakukan aktivitas di malam hari, atau menambahkan tidur siang selama 30 menit. Sebab, kurang tidur atau istirahat bisa melemahkan sistem imun dan membuat kamu tidak fit sepanjang hari ketika berpuasa.

3. Rutin Berolahraga

Orang yang sedang berpuasa pun tetap harus olahraga, loh. Olahraga merupakan salah satu tips agar tubuh kamu tetap fit ketika puasa. Selama puasa, olahraga pun tidak boleh terlalu lama dan dianjurkan selama 30 menit setiap hari. Akan tetapi, kamu pun masih bisa menyesuaikan durasi, jadwal, atau jenis latihan yang pas ketika puasa.

Alangkah lebih baiknya kamu berolahraga dengan intensitas rendah. Kamu bisa berjalan kaki atau jogging. Selain itu, olahraga lebih bagus dilaksanakan 30 menit sebelum berbuka puasa sehingga tubuh tidak dehidrasi. Kamu bisa menyesuaikan aktivitas dengan kemampuan. Sebab terpenting adalah jangan terlalu memaksakan dan kurangi risiko dehidrasi.

4. Hindari Stres Berkepanjangan

Stres merupakan bagian dari hidup yang bisa dikatakan tidak bisa dihindari. Akan tetapi, stres berkepanjangan pun bisa membuat kamu tidak fit ketika berpuasa. Sangat direkomendasikan untuk kamu kelola stres yang tengah alami. Khususnya di bulan puasa, dengan tujuan menjaga sistem imun dan kamu pun bisa menjalani ibadah dengan tubuh yang fit.

Ada beragam cara untuk mengatasi stres. Kamu bisa melakukan meditasi, olahraga, mendengarkan musik, atau komunikasi dengan keluarga. Selain itu, kamu pun bisa memanfaatkan bulan puasa dengan bermacam-macam kegiatan religi yang juga bisa menenangkan perasaan.

5. Menjaga Hubungan Sosial

Kesehatan fisik dan mental saling berkaitan dalam membentuk kesehatan kamu secara menyeluruh. Menjaga agar hubungan tetap baik dengan keluarga, teman, atau pasangan memberikan dampak baik terhadap peningkatan sistem kekebalan tubuh.

Menurut beberapa penelitian, seseorang yang kesepian mempunyai respon imun yang lebih rendah pada vaksin flu ketimbang mereka yang mempunyai kehidupan sosial yang harmonis dan baik..

Nah, itulah sejumlah tips agar tubuh kamu bisa tetap fit saat puasa. Sebenarnya, apa yang kamu makan dan bagaimana kamu menjalani pola hidup bisa sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan daya tahan tubuh. Dengan demikian, kamu harus tetap penuhi nutrisi, istirahat, serta kelola stres selama puasa sehingga tubuh dan ibadah bisa lancar dan sehat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak