facebook

4 Masalah Rumah Tangga yang Berasal dari Luar Kamu dan Pasangan

Mutami Matul Istiqomah
4 Masalah Rumah Tangga yang Berasal dari Luar Kamu dan Pasangan
Ilustrasi keluarga (Pexels.com)

Ujian pernikahan bisa datang dari mana saja. Baik itu datang secara langsung dari kamu maupun pasangan, pun juga tidak menutup kemungkinan untuk datang dari luar kamu dan pasangan. 

Masalah yang datang dari luar kamu dan pasangan tidak mustahil untuk membuat rumah tanggamu menjadi berantakan. Bahkan, akan sangat menyedihkan jika hubungan tersebut harus berakhir karena orang atau hal lain. 

Berikut ini adalah beberapa ujian pernikahan yang datang dari luar kamu dan pasangan. 

1. Kematian

Kematian menjadi kehilangan yang paling menyakitkan. Ketika kamu dan pasangan saling mencintai satu sama lain, bahkan dalam rumah tanggamu sedikit sekali masalah yang terjadi, tetapi kamu harus kehilangannya karena takdir. 

Meski demikian, kamu harus berusaha untuk menguatkan diri dan menerima semua ketentuan yang sudah digariskan oleh Tuhan. Apalagi, jika kamu juga memiliki anak yang belajar menyikapi keadaan dari dirimu sendiri.

2. Campur tangan keluarga

Campur tangan keluarga menjadi sebuah hal yang menjengkelkan. Apapun masalah yang terjadi dalam rumah tanggamu, keluarga besar seolah harus mengerti dan menindaklanjutinya. 

Bahkan, ketika kamu dan pasangan mengambil keputusan atas suatu hal, harus ada bagian dari keluarga besar yang andil untuk memutuskannya.

Rumah tangga yang seharusnya menjadi naungan untuk kamu dan pasangan belajar menyelami kehidupan, malah menjadi tempat yang membuat kamu dan pasangan tertekan, sehingga tidak bisa merasakan kebahagiaan. 

3. Godaan lawan jenis

Ada saja godaan lawan jenis yang seringkali menyulutkan api pertengkaran dalam rumah tangga. Pertemanan yang dilanjutkan dengan komunikasi yang berlebihan bisa membuat kesalah pahaman penerimaan perasaan oleh orang lain. 

Makanya, dalam rumah tangga kamu harus membuat kesepakatan untuk menjaga hubungan sebaik mungkin. Apapun alasannya, perselingkuhan tidak dibenarkan. 

4. Kehilangan pekerjaan

Tidak ada satu orang pun yang ingin kehilangan pekerjaannya. Namun, seringkali ada beberapa hal yang membuat kita diberhentikan. 

Dalam rumah tangga, kehilangan pekerjaan akan menimbulkan dampak yang besar. Pasalnya, bagaimanapun kehidupan rumah tangga harus berputar dan membutuhkan uang. 

Maka dari itu, akan lebih baik jika membiasakan diri untuk menabung. Dengan demikian, ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, kita bisa menemukan solusi dan tetap bertahan hidup. 

Itu dia 4 masalah rumah tangga yang berasal dari luar dirimu dan pasangan. Sikapi dengan bijak, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak