facebook

3 Kegiatan yang Bisa Menambah Wawasan, Patut Dicoba!

Rosi be faro
3 Kegiatan yang Bisa Menambah Wawasan, Patut Dicoba!
Ilustrasi kegiatan belajar untuk menambah wawasan (Freepik)

Banyak sekali kegiatan-kegiatan yang bisa menambah wawasan Anda. Salah satunya yakni dengan kegiatan membaca. Membaca dapat menambah pengetahuan. Mulai dari membaca berita ataupun yang lainnya. Tergantung Anda mau menambah wawasan dengan membaca berita apa.

Berikut ini 3 kegiatan yang bisa menambah wawasan pengetahuan.

1. Belajar praktik

Belajar praktik artinya belajar secara langsung. Anda dapat menambah wawasan dengan belajar langsung atau praktik dari orang yang ahli.

Anda bisa mendengarkan arahan dari sang ahli bagaimana cara dia melakukannya. Misal memperbaiki sepeda motor yang rusak. Anda bisa melihat dulu sang ahli atau mentor melakukan perbaikan.

Lihatlah langkah demi langkah saat sang mentor melakukannya. Lihatlah secara teliti ketika sang mentor mempraktikkannya. Perhatikan secara serius agar Anda tidak salah melakukannya.

Jika memang Anda sudah memperhatikannya dengan saksama dan Anda sudah yakin bisa melakukannya, maka segera lakukan dengan praktik secara langsung.

Tak perlu takut dan ragu untuk salah karena masih ada mentor yang akan membantu Anda. Teruslah lakukan perbaikan sesuai arahan mentor. Lama-lama, Anda juga akan mahir dalam melakukan perbaikan sepeda motor. Dengan demikian, tentunya Anda sudah melakukan praktik langsung untuk menambah wawasan atau pengetahuan.

2. Belajar autodidak

Belajar autodidak merupakan suatu cara untuk menambah pengetahuan yang dilakukan dengan melakukannya sendiri. Misal memperbaiki laptop yang rusak. Anda harus mencari tahu terlebih dahulu ilmunya.

Anda bisa mencoba memperbaikinya dengan ilmu yang pernah Anda dapat mungkin saat masih sekolah ataupun melihat tutorialnya di YouTube.  Hal ini membuat Anda secara langsung akan melakukannya sendiri. Kegiatan ini juga perlu keyakinan serta keberanian untuk melakukannya.

3. Mendengarkan berita

Selain kegiatan membaca, mendengarkan berita seperti di televisi ataupun di media sosial juga bisa menambah wawasan Anda. Tinggal Anda mau memilih berita apa yang akan kalian simak dan didengarkan.

Terlebih, sekarang banyak sekali berita yang beredar. Tak hanya itu, hal paling penting yang dibutuhkan yakni Anda perlu menyaring berita agar tidak berdampak buruk terhadap kehidupan Anda kelak.

Itulah 3 kegiatan yang bisa menambah wawasan pengetahuan. Semoga bermanfaat

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak