facebook

Selalu Dinanti, Ini 5 Aktivitas agar Weekend Lebih Bermanfaat dan Bahagia

NAFRI DIFAR
Selalu Dinanti, Ini 5 Aktivitas agar Weekend Lebih Bermanfaat dan Bahagia
Ilustrasi kegiatan (Pixabay.com).

Weekend menjadi hal yang sangat dinantikan terutama bagi yang memiliki rutinitas bekerja dari hari Senin sampai Jumat. Tak jarang seseorang telah memiliki berbagai bayangan dan rencana tentang apa yang akan dikerjakan saat weekend.

Pada kenyataannya, sering kali orang beranggapan bahwa weekend adalah waktu kebebasan. Bebas melakukan apa saja yang tidak bisa dilakukan pada hari kerja karena kesibukan dan tanggung jawab. Banyak yang memilih untuk bermalas-malasan sebagai ‘hadiah’ karena telah bekerja keras.

Lalu waktu terus berjalan, semakin lama menunda melakukan suatu aktivitas akan semakin berat perasaan untuk memulainya. Waktu tidak berhenti, hanya diri sendiri yang tidak bergerak. Lalu tanpa disadari, weekend pun berlalu tanpa menghasilkan sesuatu dan juga tidak  menjadi lebih bahagia.

Nah, bagaimana agar weekend dapat memberi manfaat agar bisa menjadi lebih bahagia? Berikut 5 cara agar weekend kamu lebih berdaya guna.

1. Bersih-bersih

Tidak harus mengerjakan hal besar sekaligus. Kamu bisa mencoba untuk merapikan lemari pakaian. Pilah-pilah pakaian yang sudah tidak kamu pakai. Tidak harus lama, waktu lima belas sampai dua puluh menit untuk menyingkirkan benda-benda yang hanya membuat lemarimu penuh dan berantakan.

Kamu bisa mendonasikan barang-barang yang sudah tidak kamu perlukan, tetapi masih layak. Kamu akan merasakan kelegaan sekaligus kebahagiaan karena berbagi.

2. Bersosialisasi

Hampir semua orang membutuhkan teman. Tak perlu cemas jika kamu belum memiliki teman dekat. Kamu bisa menemukan teman yang mungkin cocok denganmu dengan bergabung dengan komunitas tertentu di sekitar tempat tinggalmu.

Kalaupun tidak, itu tidak apa-apa. Kamu bisa berbagi perasaan dengan keluarga terdekatmu. Jika kamu suka, kamu juga bisa memelihara hewan peliharaan. Banyak bukti bahwa hewan peliharaan seringkali bisa menjadi teman yang baik.

3. Buatlah rencana

Walau rencana tak selalu bisa terlaksana sesuai dengan tepat, namun akan tetap lebih baik jika kamu tahu hal-hal yang akan kamu lakukan sepanjang weekend. Tak harus sesuatu yang khusus. Hal-hal dasar seperti mencuci pakaian, berbelanja kebutuhan pokok atau suatu proyek kecil bisa membuat harimu lebih produktif dan hatimu bersemangat.

4. Singkirkan gadget sementara waktu

Kamu bisa mencoba untuk meletakkan gadget sementara waktu dan berhenti mengecek media sosial atau aktiivitas lain yang melibatkan gadget. Awalnya mungkin akan terasa sulit, namun sekali kamu mencobanya, kamu akan merasakan perbedaan yang besar. Kamu bisa mengganti dengan kegiatan lain, seperti membaca buku atau sekadar berjalan-jalan.

5. Dekat dengan alam

Banyak yang bisa kamu lakukan untuk menikmati  alam. Tidak harus berkemah di hutan atau naik gunung. Kamu bisa memanfaatkan halaman belakang rumah jika ada atau sekadar duduk-duduk di taman kota.

Itulah 5 hal yang bisa kamu coba untuk membuat weekend kamu menjadi lebih menyenangkan. Kamu selalu bisa menyesuaikan kegiatan dengan kebutuhan kamu. Penting untuk tak memaksakan diri menjalani sesuatu. Nikmati momen libur dengan perasaan riang dan banyak bersyukur.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak