facebook

4 Dampak Buruk Membanggakan Diri Sendiri Secara Berlebihan

Rizki Putra
4 Dampak Buruk Membanggakan Diri Sendiri Secara Berlebihan
Ilustrasi mengobrol (pexels.com/ SHVETS production)

Overproud menjadi hal yang memberi konotasi negatif ketika seseorang merasa bangga secara berlebihan terhadap dirinya sendiri. Terlebih lagi, saat ini banyak orang melakukannya di media sosialnya, entah dari sisi fisik, materi, pencapaian, dan lain sebagainya. Bagaimanapun juga, sikap seperti ini tentu akan memberi dampak yang tidak baik untuk diri sendiri. Oleh karena itu, berikut empat dampak buruk membanggakan diri sendiri secara berlebihan.

1. Membuatmu jadi terhambat untuk berkembang

Ketika sudah kelewatan batas bangga dengan pencapaian yang sudah kamu miliki, justru berdampak dengan perkembangan dirimu. Sebab, sikap seperti itu justru membuatmu jadi mudah puas berada di posisi tersebut.

Padahal, di luar sana masih banyak orang yang justru lebih baik secara kompetensinya. Jadi, enggak heran dirimu nantinya menjadi sombong dan enggan untuk mengembangkan diri.

2. Membuatmu jadi mudah merendahkan orang lain

Sebab menganggap diri sendiri yang paling hebat, sehingga dirimu terkesan mudah untuk merendahkan kemampuan yang dimiliki oleh orang lain. Kamu berpikir bahwa mereka tidak bisa menyaingi kemampuanmu.

Bagaimanapun juga, sikap seperti itu bukanlah tindakan yang bijak, lho. Kalau kamu sudah menyadari hal tersebut, sudah seharusnya mengubah sikap, ya.

3. Kamu sulit menerima masukan dari orang lain

Rasa bangga pada diri sendiri memang membuat jadi percaya diri dan tidak mudah minder. Namun, kalau dilakukan secara berlebihan justru membuatmu jadi sulit menerima masukan atau saran dari orang lain.

Meski pendapat orang lain sangatlah membangun, justru kamu menganggap bahwa mereka iri terhadap pencapaianmu. Sebab, kamu berpikir bahwa saran dari mereka tidak memberi keuntungan terhadap pencapaianmu.

4. Banyak orang yang memilih untuk menjauhimu

Karena sikapmu yang membanggakan diri sendiri, membuat orang lain merasa risih dan menganggapmu sebagai orang yang sombong. Dengan begitu, jangan heran kalau ada orang yang memilih untuk menjauhimu.

Bagaimanapun juga, kamu tetap harus menoleransi dan tidak sembarangan berucap. Kalau terus mempertahankan sikap angkuhmu tersebut, tentu akan sulit diterima dalam lingkungan pertemanan.

Itulah empat dampak buruk membanggakan diri sendiri secara berlebihan. Rasa bangga tentu harus dilakukan dengan porsi yang sewajarnya saja. Sebab, sesuatu hal yang berlebihan justru bukanlah hal yang baik, termasuk sikap membanggakan diri sendiri.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak