facebook

4 Tips Hadapi Pasangan yang Suka Mengintimidasi, Jaga Perasaanmu!

Rizki Putra
4 Tips Hadapi Pasangan yang Suka Mengintimidasi, Jaga Perasaanmu!
Ilustrasi bertengkar. (pexels.com/Budgeron Bach)

Jangan hanya mewaspadai pasangan dari caranya memperlakukanmu secara kekerasan fisik saja, namun kamu perlu untuk melindungi mentalmu juga. Meskipun pasanganmu tidak bertindak kekerasaan secara fisik, namun kalau dia mengintimidasimu tentu perasaanmu bisa terluka.

Kalau ingin merubah sikap intimidatif pasangan, tentu butuh usaha lebih keras. Namun, ketahui terlebih dahulu beberapa tips berikut ini cara menghadapi pasangan yang suka mengintimidasimu.

1. Jangan hanya berdiam diri ketika diintimidasi

Seseorang yang suka mengintimidasi orang lain cenderung mempunyai suasana hati yang gampang berubah-ubah. Kalau kamu sudah mengetahui hal tersebut, maka siapkanlah hatimu agar bisa menghadapinya.

Sebaiknya, jangan hanya berdiam diri ketika diintimidasi, ya. Kalau kamu hanya diam saja, justru dia menganggapmu lemah. Maka dari itu, cobalah untuk mengeluarkan argumen secara logis, namun tetap sehat.

2. Yakinkan dirinya untuk tidak selalu curiga kepadamu

Biasanya, pasangan yang gemar mengintimidasi cenderung suka curiga secara berlebihan. Parahnya lagi, dia akan terus menanyakan pertanyaan yang sama, padahal sebelum sudah kamu jawab secara jelas.

Oleh karena itu, sudah seharusnya kamu bisa untuk meyakinkannya agar tidak selalu curiga kepadamu. Bagaimanapun juga, dituduh tanpa ada bukti tentunya akan menyakiti perasaanmu. Jadi, cobalah untuk memberitahu agar dirinya bisa membayangkan berada di posisi dirimu.

3. Jangan memperdebatkan mana yang benar dan yang salah

Kalau pasanganmu sedang mengintimidasimu, biasanya dia akan mengatakan bahwa kamu yang salah. Namun, usahakan untuk tidak membalasnya bahwa kamulah yang sebenarnya benar ataupun salah.

Sebaiknya, cobalah untuk bisa memberitahunya lebih baik untuk saling menghargai pendapat satu sama lain. Bagaimanapun juga, pendapat yang berbeda merupakan hal yang wajar.

4. Walau sulit melaluinya, berusahalah untuk menyadarkan pasanganmu

Cara terakhir yang dapat kamu lakukan adalah memberitahunya bahwa dia sedang mengintimidasimu. Kalau dia sedang melakukannya, maka katakanlah yang dia lakukan adalah lagi mengintimidasimu.

Beritahu alasannya dengan logis agar dia memahamimu. Mungkin saja dia tidak mengetahui bahwa apa yang dia lakukan justru membuat perasaanmu jadi tersakiti. Namun, jangan beradu argumen yang justru menjadi perdebatan yang panjang.

Hargailah dirimu sendiri dan lindungi perasaanmu juga, sebelum ingin mencintai seseorang. Jangan sampai kamu mempertahankan hubungan dengan orang yang tidak mau menghargai kehadiranmu dengan baik.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak