facebook

3 Dampak Buruk Jika Kamu Hidup Boros, Jangan Ditiru

Juandi Manullang
3 Dampak Buruk Jika Kamu Hidup Boros, Jangan Ditiru
Ilustrasi boros. (Freepik.com)

Dalam kehidupan ini, tentu kita sering merasakan banyaknya godaan kehidupan yang datang. Terutama dalam kehidupan duniawi saat ini. Kehidupan duniawi itu seperti banyaknya pengeluaran karena gaya hidup mewah atau berfoya-foya, maraknya investasi bodong, hoaks dan lain sebagainya.

Itulah sebabnya kita sekarang diserang hal-hal duniawi sehingga kita harus membatasi diri. Dalam kesempatan ini pula, kita perlu tahu gaya hidup mewah yang mengakibatkan kita boros dengan mengeluarkan banyak uang padahal sebenarnya hal tersebut tak perlu. 

Karena itulah, kita harus mencegah bergaya hidup mewah yang mengakibatkan kita boros. Berikut tiga dampak buruk jika kita boros.

1. Kamu akan serba kekurangan

Dampak buruk pertama adalah kamu akan serba kekurangan. Harus disadari bahwa ketika hidup boros maka kamu akan kekurangan. Harus diketahui bahwa dalam hidup ini perlu hemat. Kalau tidak hemat maka kamu akan rugi.

Karena itulah, sudah sebaiknya kita mengusahakan dan bekerja keras untuk bisa hidup lama dan tercukupkan. Jangan sampai kamu hidup kekurangan karena hidup ini berlangsung lama. Setiap orang harus mengutamakan untuk hidup hemat dan rajin menabung demi masa depan yang lebih baik.

2. Kamu akan sulit membutuhi hidup

Dampak buruk kedua adalah kamu akan sulit membutuhi hidup. Dalam hidup ini, kita harus tahu bahwa hidup boros akan menyulitkan kamu untuk membutuhi hidup. Apalagi harga-harga sembako melambung tinggi. Karena itu, kalau kamu tidak ada uang maka sama saja kamu tak bisa makan.

Padahal, hidup ini butuh makan dengan membeli sembako. Selain itu, harus disadari bahwa sudah selayaknya kamu membeli barang-barang yang kamu butuhkan bukan karena ikut-ikutan.

3. Kamu tidak punya tabungan masa depan

Dampak buruk ketiga adalah kamu tidak punya tabungan masa depan. Harus disadari bahwa hidup ini butuh tabungan masa depan. Hal tersebut bertujuan untuk  keperluan di masa yang akan datang.

Ketika kamu mempunyai kebutuhan mendesak maka pergunakan saja tabungan tersebut untuk membutuhinya. Karena itu, mari kita menabung untuk masa depan.

Dengan adanya tiga dampak buruk tersebut semoga saja kita dapat memulai hidup hemat. Buang segala perilaku dan tindakan boros selama ini agar kamu bisa membutuhi hidup kedepannya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak