facebook

Kamu Sedang Badmood? 7 Warna ini dapat Meningkatkan Mood Kamu Loh!

Winda Luthfia
Kamu Sedang Badmood? 7 Warna ini dapat Meningkatkan Mood Kamu Loh!
Ilustrasi bahagia. (freepik/freepik)

Sebagai manusia, otak kita memang terprogram untuk merespon rangsangan tertentu. Ketika kamu melihat sesuatu, seringkali yang otakmu pikirkan adalah warna apa yang kamu lihat. Memang faktanya warna-warna tersebut yang merangsang otakmu pertama kali sebelum bentuk dan substansi dari wujud yang kamu lihat dengan mata.

Contohnya saja, ketika kamu melihat sebuah bunga yang tidak memiliki warna, kamu tidak akan mengerti jenis bunga apa yang kamu lihat. Namun, ketika bunganya berwarna merah, kamu dapat mengenalinya sebagai bunga mawar. Dalam hal ini warna berfungsi menjadi salah satu karakteristik yang dapat membantumu untuk mengidentifikasi jenis bunga.

Saat melihat warna terkadang tanpa kamu sadari otak dan sisi emosional kamu telah terangsang. Berikut adalah dampak dari warna-warna yang dapat meningkatkan mood kamu :

  • Membuatmu untuk mengingat hal-hal yang menyenangkan
  • Dapat meningkatkan gairah atau semangat
  • Mendorongmu berinteraksi dengan orang lain secara positif
  • Memintamu untuk tersenyum dan tertawa
  • Memberikan energi kreatif
  • Meningkatkan kesehatanmu
  • Membuat nafsu makan bertambah

Salah satu penggunaan warna untuk menambah mood dan kebahagiaan kamu adalah pada desain interior ruangan rumah kamu. Kamu dapat menciptakan ruangan yang nyaman berdasarkan warna cat yang dapat membuat suasana hati kamu terasa lebih bahagia dan menyenangkan.

Berikut adalah tujuh warna yang dapat meningkatkan mood dan membuatmu bahagia:

1. Kuning

Ilustrasi kuning lemon (https://www.freepik.com/benzoix)
Ilustrasi kuning lemon (freepik.com/benzoix)

Kamu tidak boleh terkejut jika warna yang dapat meningkatkan mood kamu dimulai dengan warna kuning. Hal ini karena banyak hal menyenangkan dan dapat meningkatkan mood kamu itu berwarna kuning. Beberapa contohnya yaitu lemon, sinar matahari, itik, pisang, jagung rebus, dan bunga matahari. Dan jika kamu benar-benar ingin dikelilingi dengan perasaan yang cerah kamu dapat memilih warna kuning, untuk warna ruanganmu.

2. Pink

Ilustrasi pink (https://www.freepik.com/lookstudio)
Ilustrasi pink (freepik.com/lookstudio)

Banyak orang mengaitkan warna pink dengan romantisme. Berikut adalah beberapa hal menyenangkan yang seringkali dikaitkan dengan warna pink: mawar merah muda, flamingo Amerika, pakaian bayi perempuan, bunga anyelir merah muda, permen kapas, pipi bayi kecil, gajah merah muda, dan batu rubi merah muda.

3. Merah

Ilustrasi merah (https://www.freepik.com/benzoix)
Ilustrasi merah (freepik.com/benzoix)

Sementara warna merah seringkali dikenal sebagai tanda kewaspadaan dan peringatan, namun warna merah juga sebenarnya warna yang membuat orang bahagia lho! Warna merah dapat menciptakan keinginan bagi orang untuk melakukan hal-hal yang membuat mereka bahagia. Berikut adalah beberapa hal yang dapat membuat kamu merasa bahagia: kartu ucapan hari Valentine, hati, mawar merah, stroberi, dan matahari terbenam.

4. Oranye

Ilustrasi oranye (https://www.freepik.com/tirachardz)
Ilustrasi oranye (freepik.com/tirachardz)

Oranye adalah warna cerah yang melambangkan energi positif. Ketika orang merasa energik, itu membuat mereka merasa bahagia. Berikut adalah beberapa hal bahagia yang diwarnai oranye: jeruk, daun musim gugur, ikan mas, matahari terbenam di musim gugur, bola basket, dan buah labu.

5. Biru muda

Ilustrasi biru muda (https://www.freepik.com/wayhomestudio)
Ilustrasi biru muda (freepik.com/wayhomestudio)

Orang-orang biasanya mengasosiasikan biru muda dengan emosi ketenangan. Ketenangan adalah salah satu bagian dari kebahagiaan. Hal-hal berwarna biru muda yang dapat meningkatkan mood kamu, seperti langit, dan air laut yang berwarna biru kristal.

6. Silver dan emas

Ilustrasi perayaan ulang tahun (https://www.freepik.com/gpointstudio)
Ilustrasi perayaan ulang tahun (freepik.com/gpointstudio)

Silver dan emas mewakili sesuatu yang membuat semua orang bahagia seperti keamanan finansial. Orang yang sudah menikah dapat mendapatkan kesenangan dan kehormatan besar saat merayakan ulang tahun dengan tema berwarna silver dan emas. Barang-barang silver dan emas yang mendatangkan kebahagiaan juga seperti cincin kawin dan cincin pertunangan, dan atau koin emas/perak.

7. Putih

Ilustrasi putih (https://www.freepik.com/wayhomestudio)
Ilustrasi putih (freepik.com/wayhomestudio)

Sementara putih secara teknis dianggap netral daripada warna lain. Orang-orang seringkali melabelinya sebagai warna yang mewakili kemurnian, kedamaian, dan awal yang baru. Jelas, hal ini adalah sesuatu yang membahagiakan. Barang-barang berwarna putih yang dapat meningkatkan mood kamu yaitu seperti gaun pengantin berwarna putih lembut, marshmallow, salju, kapas, dan awan yang seperti bantal.

Itulah 7 warna yang dapat meningkatkan mood dan membuatmu merasa bahagia.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak