facebook

9 Manfaat Sering Mendengarkan Musik, Mood Booster Terbaik!

Aprilia Putri
9 Manfaat Sering Mendengarkan Musik, Mood Booster Terbaik!
Ilustrasi mendengarkan musik (Pexels.com/ jonas mohamadi)

Musik merupakan salah satu hal yang sudah sangat melekat dalam kehidupan sehari-hari. Tak ayal, hampir di tiap tempat kamu bisa mendengarkan irama lagu dengan genre yang berbeda-beda tiap waktunya.

Selain itu, musik juga bisa menjadi mood booster dan teman galau terbaik. Musik juga bisa menjadi alat terapi untuk beberapa penyakit, lho!

Menyadur dari Northshore, mendengarkan musik ternyata membawa sejumlah manfaat baik untuk tubuh. Selain meredakan stres, yuk kita simak manfaat-manfaat lainnya!

Manfaat Sering Mendengarkan Musik

1. Membuat jantung sehat

Penelitian mengungkapkan bahwa mendengarkan musik dengan alunan rendah mampu melancarkan aliran darah lebih mudah. Selain itu, mendengarkan musik juga dapat mengurangi detak jantung, menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar hormon pemicu stres dan meningkatkan kadar serotonin dan endorfin di dalam darah, lho.

2. Mood Booster terbaik!

Jika kamu merasa senang setelah mendengarkan lagu favoritmu, maka bisa saja hal ini penyebabnya. Musik bisa meningkatkan hormon dopamin yang mampu menghilangkan perasaan cemas dan depresi. 

3. Menurukan stres

Menurut penelitian, musik dapat menghilangkan rasa stres dengan memicu pengurang stres biokimia. Oleh karena itu, musik jadi salah satu pilihan healing terbaik.

4. Meredakan gejala depresi

Jika kamu pernah mendengar banyak orang mampu bangkit dan kembali bersemangat menjalani hidup gara-gara musik. Hal itu bukanlah omong kosong. Nyatanya, musik cukup berhasil meredakan gejala depresi.

5. Merangsang ingatan

Musik mampu mengurangi gejala Alzhemeir dan demensia. Selain itu, musik mampu membuat pasien lebih rileks, memperbaiki suasana hati dan mempermudah komunikasi kepada pasien.

6. Mengontrol rasa sakit

Dengan mengontrol rasa stres dan mampu menyaingi rasa sakit. Musik terapi dapat membantu dalam mengontrol rasa sakit.

7. Menghilangkan rasa sakit

Selain mengurangi rasa sakit. Musik juga mampu mengurangi intensitas rasa nyeri. Terutama pada perawatan geriatri, perawatan intensif dan pengobatan paliatif.

8. Membantu makan lebih sedikit

Musik ternyata mampu membantu orang untuk makan lebih sedikit. Musik yang tenang dengan pencahayaan yang kecil saat makan, mampu membantu orang makan dengan pelan akhirnya menghabiskan porsi yang lebih sedikit. Cocok untuk kamu yang tengah menjalani diet!

9. Membuat olahraga lebih semangat

Berolahraga sambil mendengarkan lagu favorit atau playlist lagu up-beat lainnya mampu membuat olahragamu semakin bersemangat. 

Nah, itu dia beberapa manfaat dari mendengarkan musik di kehidupan sehari-hari. Apakah kamu suka mendengarkan musik setiap harinya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak