facebook

6 Aktivitas yang Bisa Dilakukan saat Bosan di Rumah, Kamu Sudah Coba?

Dewi Maharani Bahtiar
6 Aktivitas yang Bisa Dilakukan saat Bosan di Rumah, Kamu Sudah Coba?
Ilustrasi merasa bosan (Pexels.com/cottonbro)

Siapa sih yang tidak pernah merasa bosan? Bosan bisa datang kapan saja. Terkadang, kamu merasa sangat bosan melakukan rutinitasmu.

Tentu saja bosan tidak bisa dibiarkan begitu saja. Karena jika kamu terus-menerus merasa bosan akan membuang-buang waktumu. Pilihan utama saat merasa bosan adalah tidur, tetapi jika kamu sudah tidur dan masih saja bosan, kamu bisa melakukan aktivitas berikut.

1. Menonton televisi atau menonton ulang serial favorit

Ketika merasa bosan di rumah, pilihan pertama yang bisa kamu lakukan adalah menyalakan televisi. Pilih saluran yang biasanya menayangkan acara-acara favoritmu.

Jika enggan menonton televisi karena terganggunya berbagai iklan, kamu bisa menonton ulang serial favorit di aplikasi menonton langgananmu. Pilihan ini bisa membuat suasana hatimu juga menjadi lebih baik. Di samping itu, kamu juga bisa mencoba menonton serial atau film dengan genre yang paling kamu suka. Dengan begitu, kamu menjadi tidak bosan.

2. Bermain game

Saat waktu luang kamu bisa bermain game, entah itu di ponsel atau memainkan permainan papan. Nah, saat bosan pun, kamu bisa melakukan aktivitas ini.

Bermain game di ponsel dari yang online sampai offline bisa mengatasi rasa bosanmu. Namun, jika kamu tidak suka dengan permainan tersebut, kamu bisa memainkan permainan papan, misalnya catur. 

Selain mengatasi rasa bosan, ketika bermain game otakmu juga akan terasah dan biasanya kamu akan bersemangat karena merasa tertantang. 

3. Membaca buku

Dalam sehari, pastinya kamu tidak lepas dari melihat ponsel atau monitor. Entah dalam waktu yang sebentar atau waktu yang lama. Ketika melihat ponsel terlalu lama, akan muncul perasaan bosan.

Membaca buku adalah pilihan terbaik ketika kamu sudah capek menatap layar ponsel atau monitor. Banyak yang didapat ketika kamu membaca buku. Bukan hanya membunuh rasa bosan, tetapi membuat suasana hati menjadi lebih baik. Ditambah lagi, membaca dapat meningkatkan tingkat kefokusanmu. Bukankah biasanya saat bosan kamu kehilangan fokus? Nah, dengan membaca kamu bisa mengatasi hal tersebut.

4. Menulis dan membuat jurnal

Menulis bisa dijadikan aktivitas yang dapat mengatasi rasa bosanmu. Mulailah dengan menulis apa yang kamu rasakan, curahkan segala hal yang tidak kamu katakan pada orang lain dengan tulisan. Dengan begitu, rasa bosanmu akan hilang dan kamu juga menjadi lebih baik.

Selain menulis, kamu juga bisa membuat jurnal harian. Membuat jurnal dan menghiasnya pasti akan membuatmu tidak bosan lagi.

5. Berkebun

Akhir-akhir ini, menanam Bunga menjadi tren. Saat bosan kamu juga bisa melakukan hal-hal yang berhubungan dengan tumbuhan. Kamu bisa menanam bunga di halaman, atau bahkan berkebun di pekarangan rumah.

Bukan hanya rasa bosan yang hilang, tetapi kamu juga bisa membuat halaman rumahmu menjadi asri. 

6. Memasak

Tidak jauh-jauh, saat bosan kadang rasa lapar melanda. Ketika seperti ini kamu bisa coba memasak sendiri makanan yang kamu suka. Bukan hanya itu, kamu juga bisa bereksperimen dengan memasak makanan yang kamu inginkan. Apalagi memasak juga bisa dilakukan siapa saja. 

Keenam aktivitas tersebut bisa dijadikan opsi saat kamu merasa bosan di rumah. Biasanya kegiatan apa yang kamu lakukan saat benar-benar merasa bosan? Adakah aktivitas di atas yang menjadi pilihanmu saat bosan?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak