facebook

Ampuh Atasi Bad Mood, Berikut 7 Mood Booster yang Perlu Kamu Coba!

Dewi Maharani Bahtiar
Ampuh Atasi Bad Mood, Berikut 7 Mood Booster yang Perlu Kamu Coba!
ilustrasi joging sebagai mood booster (pexels.com/pixabay)

Dalam satu hari, setiap orang pasti merasakan suasana hati yang buruk alias bad mood. Banyak yang menyebabkan bad mood terjadi, entah faktor internal seperti kamu yang bangun kesiangan atau faktor eksternal seperti tekanan pekerjaan, ucapan orang lain tentang kamu yang tidak benar, perkataan orang yang tidak enak didengar dan masih banyak lagi.

Tentunya suasana hati tersebut tidak bisa dibiarkan, karena jika terlalu lama kamu merasa bad mood akan mempengaruhi aktivitasmu. Untuk mengatasinya, kamu perlu mood booster agar kembali bersemangat.

Berikut 7 mood booster yang perlu kamu coba.

1. Tersenyum

Pada saat suasana hatimu baik, tersenyum sangat mudah dilakukan, tetapi ketika kamu sedang bad mood, tersenyum terasa sulit. Namun, kamu perlu memaksakan tersenyum, karena dengan begitu secara otomatis otakmu akan mendeteksi bahwa kamu merasa senang.

Menurut studi dari University of Glasgow, tersenyum mampu memicu suasana hati yang lebih baik dan meningkatkan hormon di otak. Bukan hanya itu, tersenyum juga membuatmu merasakan energi positif.

Meski hal kecil, tersenyum memiliki efek yang besar apalagi terhadap mood-mu. Sudahkan kamu tersenyum hari ini?

2. Mandi atau berendam air hangat

Baiknya, sebelum beraktivitas kamu mandi pagi terlebih dahulu. Dengan begitu, bukan hanya tubuhmu bersih dan merasa nyaman, tetapi pikiranmu juga tenang. Pastinya hal ini membuatmu tercegah dari bad mood saat pagi hari.

 Menurut penelitian, berendam air hangat juga dapat memperbaiki suasana hati yang buruk. Saat memiliki suasana hati yang buruk, kamu bisa langsung mandi.

3. Jalan-jalan

Seberapa sering kamu berjalan-jalan dalam satu minggu? Dengan adanya transportasi, orang-orang menjadi enggan untuk berjalan, bahkan berjalan ke tempat yang tidak terlalu jauh. Padahal berjalan-jalan dan mengamati sekitar dapat sangat membantu untuk meningkatkan mood.

Apalagi jika kamu sengaja berjalan-jalan di sekitar kolam atau danau. Ini menjadi mood booster yang ampun karena ketika kamu memperhatikan air yang tenang, kamu juga ikut merasakan ketenangan tersebut.

4. Olahraga

Banyak manfaat dari olahraga, jika kamu berolahraga selama 150 menit selama satu minggu, mood kamu akan lebih baik. Setiap pagi sebelum beraktivitas, kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti joging selama 30 menit.

Yang paling ampuh sebagai mood booster adalah ketika kamu melakukan olahraga jumping jack. Saat tubuhmu melompat suasana hatimu menjadi lebih baik dengan cepat. Lagipula, jumping jack bisa kamu lakukan di sekitar rumah. Jadi tidak ada alasan lagi untuk kamu merasa bad mood dalam waktu yang lama.

5. Beraktivitas di luar ruangan

Banyak hal yang bisa dilakukan saat berada di luar ruangan, selain berolahraga kamu juga bisa mencoba berkebun, atau mengamati sekitar. Bisa juga berkomunikasi dengan orang yang kamu temui saat di luar ruangan. Pasalnya, berbicaralah dengan orang lain membuat suasana hatimu lebih baik.

6. Makan dan minum minuman tertentu

Makanan pedas dan minuman dingin adalah opsi pertama yang biasanya dilakukan saat bad mood. Namun, sebaiknya kamu beralih dengan makan pisang, atau ikan yang memiliki kandungan EPA dan DHA yang dianggap dapat membantu meningkatkan mood.

Untuk minumannya, kamu bisa menjadikan cokelat hangat sebagai mood booster. Dalam cokelat terkandung flavonoid yang ampuh memperbaiki suasana hati.

7. Tidur siang

Menurut National Sleep Foundation, tidur siang singkat dapat membantu meningkatkan suasana hati, kewaspadaan dan kinerja pada orang dewasa. Tidak perlu berjam-jam untuk tidur siang, kamu cukup tidur selama 20-30 menit untuk mendapatkan mood booster yang membuatmu kembali bersemangat.

Jangan jadikan bad mood sebagai alasan untuk tidak mengerjakan rutinitasmu. Lagipula, tidak perlu sulit atau mahal untuk mendapat mood booster, apalagi 7 hal di atas bisa kamu lakukan ketika suasana hati yang buruk melanda.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak