facebook

5 Tips agar Bisa Selesai Kuliah dalam 3,5 Tahun, Yuk Terapkan!

Rizky Melinda Sari
5 Tips agar Bisa Selesai Kuliah dalam 3,5 Tahun, Yuk Terapkan!
Ilustrasi wisuda (Pexels.com)

Biaya untuk kuliah sekarang ini pastinya mahal dan memerlukan biaya yang cukup menguras kantong. Mulai dari UKT atau Uang Kuliah Tunggal, hingga biaya tambahan lainnya meliputi uang kos, uang jajan, biaya membuat tugas, dan berbagai macam lainnya. Agar biaya yang harus dikeluarkan dapat ditekan, kita bisa mencari beasiswa.

Cara lainnya untuk menekan biaya kuliah adalah dengan lulus minimal tepat waktu yaitu 4 tahun (8 semester), atau kamu juga bisa mengusahakan untuk lulus dalam waktu 3,5 tahun saja.

Bukan hal mustahil jika kamu memiliki niat dan tekad yang bulat. Kamu bisa menyelesaikan studimu lebih cepat dibanding dengan teman-temanmu yang lain.

Dikutip dari unggahan Instagram @masukptn, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar selesai kuliah dalam  3,5 tahun.

1. Pahami buku panduan mahasiswa baru

Biasanya buku panduan ini dibagikan pada awal masuk kuliah ketika masih berstatus sebagai mahasiswa baru. Buku panduan ini berisi informasi seputar universitas, termasuk mata kuliah dan SKS yang bisa diambil.

Pahami buku ini dengan baik agar kamu bisa menetapkan target jumlah SKS (Satuan Kredit Semester) minimal yang harus diambil dalam satu semester.

2. Buat target IPK tiap semester

Nilai IPK berpengaruh terhadap jumlah SKS yang bisa diambil untuk semester selanjutnya.

Semakin besar nilai IPK yang brhasil kamu raih, semakin banyak pula jatah SKS yang bisa kamu ambil, sehingga peluang untuk lulus semakin cepat juga akan semakin besar. 

3. Hindari mengulang mata kuliah wajib

Perhatikan daftar mata kuliah wajib yang harus kamu tempuh. Jangan sampai kamu mendapat nilai di bawah standar dan harus mengulangnya.

Selain harus menunda kelulusan selama satu tahun untuk mengulang, kamu juga akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan gelar cumlaude saat lulus nanti.

4. Berdiskusi dengan dosen 

Setiap mahasiswa pasti memiliki dosen pembimbing akademiknya masing-masing. kita bisa berkonsultasi dan meminta saran terkait perkuliahan dengan beliau.

Dosen pembimbing akademik berperan seperti wali kelas saat masih sekolah dulu. Jadi, rajin-rajinlah berdiskusi dan meminta saran kepada dosen pembimbing.

5. Ikuti organisasi di semester awal

Agar kehidupan menjelang semester akhir di perkuliahan tidak terganggu, kamu bisa mengikuti organisasi di awal semester. Jadi tidak ada alasan terlalu sibuk dengan organisasi untuk bisa lulus lebih cepat.

Mengikuti organisasi di semester awal akan membuat kamu mendapatkan banyak relasi dan pengalaman, sehingga ketika semester akhir nanti kamu hanya perlu fokus untuk menyelesaikan studimu.

Itulah lima tips yang bisa kamu terapkan agar bisa lulus hanya dalam waktu 3,5 tahun. Selagi kesempatan itu ada, tidak ada salahnya dicoba. Namun, bukan berarti ingin cepat-cepat lulus tetapi tidak punya keterampilan apa pun. Usahakan untuk memilih pilihan terbaik versi dirimu sendiri.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak