facebook

Hati Jadi Damai, Ini 4 Langkah Mengikhlaskan Kegagalan Hubungan Asmara

Latifah ..
Hati Jadi Damai, Ini 4 Langkah Mengikhlaskan Kegagalan Hubungan Asmara
Ilustrasi pasangan tak bahagia (pexels.com/Alex Green)

Kegagalan hubungan asmara memang menyakitkan. Apalagi bila kamu sudah terlanjur berharap bisa sampai ke pelaminan. Menghadapi kenyataan bahwa ternyata hubungan asmaramu malah gagal tentu menyakitkan, bukan? Meski begitu, terus sedih dan meratapi kegagalan tersebut hanya akan merusak kebahagiaanmu. Untuk itu, yuk, simak empat cara mengikhlaskan hubungan asmara yang gagal supaya hatimu jadi damai. Let’s take a look!

1. Hindari denial

Enggak sedikit yang susah melupakan mantan atau sembuh dari luka patah hati akibat melakukan penyangkalan. Menolak kenyataan kalau memang hubungan asmaramu sudah berakhir.

Sebaiknya ini dihindari, ya, karena hanya akan merugikan dirimu sendiri, lho. Cobalah terima kenyataan kalau memang harapanmu untuk terus bersamanya telah sirna. Dengan menerima kenyataan, kamu jadi bisa lebih mudah untuk mengikhlaskan dan move on.

2. Hindari melakukan kontak dengannya

Langkah selanjutnya supaya kamu bisa ikhlas menerima kegagalan hubungan asmara, adalah untuk sementara waktu menghindar darinya terlebih dahulu. Bukannya bersikap kekanak-kanakan, tapi kadang kala hal ini perlu untuk menenangkan hati.

Khawatirnya ketika kamu tetap melakukan kontak maka jadi menyimpan harap bahwa kalian bakal balikan. Harapan ini yang nantinya bakal sulit membuatmu ikhlas dan menerima kenyataan kalau kalian sudah tidak bersama lagi.

3. Berhenti menyalahkan mantan

Dalam hubungan asmara, entah itu berhasil atau gagal pasti ada kontribusi dua belah pihak. Itu sebabnya, kendati kamu merasa putus hubungan ini sebagai sesuatu yang enggak adil, enggak perlu terus menyalahkan mantan.

Terus menyalahkan mantan hanya bikin kamu menaruh dendam. Hal itu justru merugikan diri sendiri karena kamu jadi sulit merasa ikhlas.

4. Menenangkan diri

Sakit hati serta sedih akibat putus cinta merupakan hal yang wajar. Kamu enggak perlu malu, kok, untuk mengambil waktu demi menenangkan diri. Itu manusiawi, kok.

Justru waktu ini penting demi pemulihan luka hati lebih cepat. Selama menenangkan diri kamu bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk menangis sejadi-jadinya agar hati jadi lega, sehingga bisa lebih lapang menerima kenyataan pahit ini.

Itulah empat cara mengikhlaskan hubungan asmara yang gagal supaya hatimu jadi damai. Gagal dalam berhubungan asmara memang sangat sakit. Namun, jangan terpuruk terus-menerus, ya. Kamu harus bangkit, salah satunya dengan ikhlas menerima fakta pahit kalau hubungan cintamu mesti berakhir.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak