facebook

Ingin Menjadi Pribadi Berbeda di Tahun Ini? Ini 4 Tips yang Bisa Kamu Coba

Latifah ..
Ingin Menjadi Pribadi Berbeda di Tahun Ini? Ini 4 Tips yang Bisa Kamu Coba
Ilustrasi wanita menikmati bunga.[Pexels.com/Alina Vilchenko]

Salah satu permasalahan yang kerap dikeluhkan banyak orang, yakni merasa kalau hidup ini stagnan. Perasaan stuck seperti ini enggak hanya bikin hidup jadi enggak bahagia, tapi juga bisa mengurangi kualitas hidup.

Supaya tahun ini berbeda, pastinya dibutuhkan gebrakan baru. Kamu enggak bisa melakukan kebiasaan-kebiasaan yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

Berikut ini akan diulas 4 tips buat kamu yang ingin menjadi pribadi berbeda di tahun ini. Simak terus, yuk!

1. Lakukan evaluasi diri

Hal penting pertama yang perlu kamu lakukan sebelum menentukan tindakan untuk berubah, yakni melakukan evaluasi terlebih dahulu. Apa saja yang terjadi di tahun-tahun sebelumnya dan kamu enggak mau itu terus terjadi.

Setelah itu, kamu jadi bisa mengenali akar masalahnya. Kalau akan masalahnya sudah tahu, kamu jadi gampang menentukan langkah tepat untuk mengatasinya.

2. Buat target

Tiap orang pastinya pernah memiliki impian. Sayangnya, kegagalan bertubi-tubi, atau ketakutan berlebihan membuat impian itu lama-lama terpendam.

Agar hidupmu berbeda di tahun ini, cobalah hidupkan kembali impian tersebut. Buat target apa yang ingin diraih di tahun ini. Dengan begitu, hidupmu jadi lebih terarah.

3. Hindari membanding-bandingkan diri

Kiat selanjutnya untuk menjadi pribadi berbeda, adalah jangan membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain. Gapapa kalau kamu ‘ketinggalan’ dengan teman-temanmu. Misalnya, mereka sudah punya karier bagus, tapi kamu belum.

Enggak perlu diambil pusing, karena tiap orang punya jalan hidupnya masing-masing. Fokus saja pada usaha pencapaian targetmu supaya terlaksana. Membang-bandingkan diri cuma bikin mood kamu jadi jelek, yang nantinya malah bikin kamu jadi enggak produktif, lho.

4. Lakukan hal yang selama ini selalu kamu tunda-tunda

Jika ingin hasil berbeda, maka input-nya pun mesti beda. Salah satunya dengan berani melakukan hal-hal yang selama ini cuma jadi wacana kamu doang.

Sebagai contoh, selama ini kamu pengin banget punya blog sendiri. Tapi, dengan berbagai alasan, enggak dimulai-mulai. Jadikan tahun ini sebagai momen perubahan dengan mulai aja dulu dari apa yang kamu bisa. Gapapa enggak harus sempurna, yang penting kamu sudah berani melakukan langkah pertama.

Coba terapkan hal-hal tadi, ya, kalau ingin tahun ini menjadi pribadi yang berbeda. Sukses selalu!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak