facebook

5 Langkah Membuat Diri Tetap Terjaga Meskipun Sudah Mengantuk, Pernah Coba?

Nanda Putri
5 Langkah Membuat Diri Tetap Terjaga Meskipun Sudah Mengantuk, Pernah Coba?
Ilustrasi begadang (Freepik/DCstudio)

Terkadang kita harus tetap terjaga sepanjang malam karena alasan tertentu, seperti pekerjaan, meskipun mata sudah mengantuk dan segera ingin tidur. Sulit rasanya untuk menghindari kantuk tersebut, apalagi waktu malam hari memang digunakan orang-orang untuk beristirahat.

Meskipun begitu, untuk tujuan yang penting, terdapat beberapa cara yang membantumu untuk tetap terjaga sepanjang malam meskipun sudah mengantuk.

1. Mengonsumsi kafein

Kafein adalah cara yang sangat efektif dan juga terjangkau untuk membuat mata kita lebih awas. Kafein adalah stimulan alami yang dapat meningkatkan energi dan fokus, bagi yang mengonsumsinya. Jadi, saat rasa kantuk datang kamu dapat meminum minuman yang mengandung kafein seperti, kopi, teh, cokelat panas, dan soda.

Kafein tidak hanya tersedia dalam bentuk minuman saja, tetapi dalam bentuk makanan pun ada, seperti cokelat. Meskipun kafein dapat membantumu terhindar dari rasa kantuk berlebih, kamu tidak dianjurkan untuk mengonsumsi kafein terlalu banyak.

Pasalnya, kafein dapat menimbulkan efek samping seperti detak jantung yang lebih cepat, gugup, dan sakit kepala. Jadi, konsumsilah dengan batas yang wajar.

2. Lakukan peregangan tubuh

Melakukan aktivitas dengan menghabiskan waktu lama di tempat duduk, hanya akan memicu rasa kantuk. Untuk menghindarinya lakukanlah olahraga ringan seperti aerobik selama 30 sampai 40 menit.

Namun jika dirasa terlalu berat, maka cobalah untuk berjalan-jalan sebentar atau mondar-mandir selama 10 menit. Tubuh akan menghasilkan banyak energi saat berolahraga, dan dapat membantumu untuk tetap terjaga sepanjang malam.

3. Makan camilan

Makan makanan ringan pedas dapat meningkatkan energimu kembali. Pilihlah makanan ringan untuk dijadikan sebagai camilan, dan batasi porsinya. Perlu diperhatikan juga, apakah camilan yang kamu pilih tinggi akan kalori. Karena dikhawatirkan justru akan menyebabkan penambahan berat badan.

4. Gunakan lampu yang terang

Suasana yang gelap dapat mengisyaratkan tubuh untuk melepaskan melatonin, yaitu hormon yang dapat membuatmu merasa mengantuk. Oleh karena itu, gunakanlah lampu yang terang atau cari bohlam LED yang dapat menciptakan suasana siang hari pada malam hari, agar tubuh dapat mengatur ulang ritme sirkadian dan membuatmu agar tetap terjaga lebih lama.

5. Mandi

Mandi dengan air dingin atau air suhu ruangan pada malam hari, dapat meningkatkan kesadaran mu kembali ketika kamu merasa lelah. Jika kamu malas untuk mandi karena khawatir terlalu dingin, kamu dapat mencuci wajah atau menggosok gigi agar kamu dapat merasa segar kembali.

Meskipun ada beberapa cara efektif yang dapat membantumu untuk tetap terjaga sepanjang malam, kamu tidak boleh melakukannya sering-sering jika bukan karena hal yang penting. Karena bagaimanapun juga, tidak memiliki waktu tidur yang cukup juga dapat berpengaruh serius terhadap kesehatan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak