facebook

5 Kebiasaan Simpel yang Sering Dilakukan oleh Orang Produktif, Kamu Melakukannya?

Nanda Putri
5 Kebiasaan Simpel yang Sering Dilakukan oleh Orang Produktif, Kamu Melakukannya?
Ilustrasi orang produktif (Pexels.com/ANTONI SHKRABA)

Setiap orang pasti selalu berusaha agar dapat menjadi produktif setiap harinya. Namun hal itu sulit untuk dijalankan secara konsisten, karena terlalu banyak faktor yang menjadi penghambat. Banyak orang juga yang menyalah artikan produktivitas sebagai kegiatan yang dipenuhi dengan kesibukan.

Padahal, menjalani hari dengan produktif berarti kamu dapat menjalani hari dengan penuh manfaat, waktu yang efisien, dan tidak terlalu sibuk. Lantas, apa saja yang biasa dilakukan oleh orang yang produktif? Berikut ulasannya!

1. Menyusun rencana kegiatan dengan membuat to do list

Orang yang produktif berarti mereka memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Agar dapat memanfaatkan waktu dengan baik, mereka biasa membuat to do list tentang apa yang harus dilakukan atau diselesaikan pada hari itu juga.

Dengan begitu, mereka jadi tau mana prioritas yang harus diselesaikan lebih dulu, dan mana yang tidak terlalu mendesak. Maka semuanya akan selesai dengan tepat waktu tanpa ada yang tertinggal satupun.  

2. Menghindari multitasking

Mengerjakan banyak hal dalam satu waktu, tidak akan lebih baik daripada mengerjakannya satu persatu. Mengerjakannya sekali hanya akan menyita banyak waktumu. Multitasking dapat jadi penyebab hilangnya kecepatan dan akurasi dalam mengerjakan sesuatu. Hal ini dikarenakan fokus otak terbagi-bagi.

Alih-alih melakukan multitasking agar dapat menyelesaikan banyak tugas sekaligus, lebih baik fokus pada 1 hal untuk dikerjakan, dimana lebih efisien dalam penggunaan waktu serta meningkatkan tingkat produktivitas.

3. Menyingkirkan hal yang dapat mengganggu fokus

Ponsel dapat menjadi pengganggu utama saat kita melakukan sesuatu. Sebisa mungkin jauhkan ponsel dari dirimu saat sedang melakukan sesuatu untuk mencegah terdistraksi. Karena ponsel memiliki daya tarik yang kuat, untuk menyita waktu kita hanya sekedar bermain sosial media.

4. Percaya diri dan tidak takut untuk membuat kesalahan

Orang yang produktif tidak takut untuk membuat kesalahan. Mereka berani bertindak tanpa perlu memikirkan konsekuensi secara berlebihan, dan bila berpotensi untuk gagal mereka tidak langsung menyerah begitu saja, dan akan berpikir bahwa setiap kegagalan akan memberikan peluang untuk perbaikan lebih baik lagi.

Karena dari kegagalan, kita dapat mempelajari kesalahan itu dan akan mencegah diri dari perbuatan yang sama. Belajar dari kesalahan akan membuat dirimu jadi lebih berkembnag lagi, dan menjadi langkah penting untuk menuju kesuksesan.

5. Membuat definisi sukses sendiri

Kesuksesan bagi mereka bukanlah apa yang seperti didefinisikan oleh orang banyak, seperti memiliki kekayaan yang berlimpah, rumah mewah, dan aset lainnya. Mereka tidak mengikuti standar kesuksesan orang lain, tapi menciptakannya sendiri untuk menciptakan hidup yang lebih nyaman.  

Itulah tadi kelima hal yang biasa dilakukan oleh orang yang produktif. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak