facebook

4 Hal yang Perlu Diperhatikan Orang Tua Terkait Parenting

Rizky Melinda Sari
4 Hal yang Perlu Diperhatikan Orang Tua Terkait Parenting
Ilustrasi bermain bersama anak (pexels/Elina Fairytale)

Mendidik seorang anak, terutama balita bukan perkara yang mudah untuk dilakukan. Ilmu parenting merupakan ilmu yang harus terus dipelajari bagi para orang tua agar tepat dalam mendidik anak-anak mereka. 

Mendidik anak biasanya menjadi kebiasaan turun-temurun dari beberapa generasi, orang tua berusaha mendidik anaknya seperti ibu dan bapak mereka dulu. Jika didikan tersebut baik, maka tentu tidak masalah kembali diterapkan kepada anak-anak. Namun, jika didikan tersebut kurang baik atau bahkan tidak relevan lagi dengan zaman sekarang, tentu saja hal ini dapat menimbulkan masalah. 

Oleh karena itu, penting kiranya bagi para orang tua untuk terus belajar dengan menyesuaikan juga perkembangan zaman cara mendidik anak atau istilah populernya adalah ilmu parenting. Berikut ini adalah empat hal yang perlu diperhatikan oleh para orang tua dalam mempelajari dan mempraktikkan ilmu parenting.

1. Mengambil alih pengaruh lingkungan

Lingkungan merupakan salah satu hal yang paling berpengaruh dalam tumbuh kembang seorang anak. Sebagai orang tua, kita harus bisa menciptakan dan membangun lingkungan yang tepat dan kondusif untuk membantu perkembangan anak. Salah satu caranya dengan mengambil alih pengaruh lingkungan agar anak tidak mudah terpengaruh hal-hal negatif.

2. Selalu menambah  wawasan

Sama seperti ilmu lainnya yang terus berkembang, ilmu parenting juga pasti akan terus berkembang. Jadi, tidak ada alasan untuk berhenti belajar, meskipun telah menjadi orang tua. Ada banyak sekali media pembelajaran yang bisa kita manfaatkan, jangan sampai kita menjadi orang tua yang tertinggal dan menganggap perkembangan teknologi hanya bisa dinikmati oleh generasi muda saja.

3. Membangun komitmen dengan keluarga

Lingkungan yang paling pertama dikenal oleh seorang anak adalah lingkungan keluarga tempat ia tumbuh. Segala perilaku dan kepribadian anak pasti dipengaruhi oleh lingkungan keluarga. Jika sejak kecil sudah didik untuk menjadi anak yang tahu sopan santun, rajin, dan mampu menghargai orang lain, anak tersebut akan mencerminkan sikap yang baik dan teladan.

4. Memberikan contoh langsung

Anak-anak merupakan peniru yang hebat. Mereka lebih senang meniru apa yang dilakukan orang terdekat. Daripada hanya menyuruh kanak melakukan sesuatu, lebih baik kita sendiri yang memulai melakukannya. Biarkan anak melihat dan bergerak dengan sendirinya untuk mengikuti kegiatan positif yang kita lakukan. 

Itulah empat hal yang perlu diperhatikan oleh para orang tua dalam mempelajari dan mempraktikkan ilmu parenting. Ada banyak buku tentang ilmu parenting, jadi tidak ada alasan untuk berhenti belajar mendidik anak yang baik.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak