facebook

4 Alasan yang Membuat Seseorang Berani Mengajukan Pinjaman Online

Mutami Matul Istiqomah
4 Alasan yang Membuat Seseorang Berani Mengajukan Pinjaman Online
ilustrasi seseorang yang sedang meminjam uang secara online.[Pexels/Anete Lusina]

Banyak dari kita yang bertanya-tanya mengenai penyebab seseorang bisa terjerumus kepada pinjaman online atau yang seringkali disebut sebagai lingkaran setan.

Sebenarnya, beragam alasan masing-masing orang dan tidak bisa untuk disamakan. Beberapa alasan di bawah ini merupakan beberapa alasan yang paling sering saya temui dalam bermasyarakat. 

1. Gengsi dan tidak enak untuk meminta bantuan kepada orang lain 

Tidak banyak orang bisa dengan mudah meminjam uang kepada orang lain. Baik itu keluarga, tetangga maupun teman-temannya. 

Ada banyak orang yang selalu berusaha untuk menutup masalahnya dan berusaha untuk menyelesaikannya sendirian. 

Ketika dia mendapatkan masalah secara finansial, dia akan mengambil jalan tengah meminjam uang secara online agar privasinya tetap terjaga. Agar tidak ada orang yang mengetahui bahwa dirinya sedang berada dalam kondisi yang kesusahan. 

2. Tidak menemukan orang lain yang berkenan membantu 

Berbeda dengan alasan pertama, seseorang yang memiliki latar belakang satu ini justru adalah mereka yang tidak sungkan untuk meminta bantuan kepada orang lain. Sayangnya, tidak seorang pun yang berkenan atau memiliki kemampuan untuk membantunya. 

Dalam kondisi yang kalut dan pikiran yang buntu, seseorang biasanya tergiur untuk mengajukan pinjaman online sebagai jalan kilat untuk mengatasi masalahnya. 

3. Terdesak 

Seseorang yang membutuhkan uang untuk keperluan yang sangat mendesak juga bisa menyebabkannya meminjam uang secara online. Sebab, seperti yang kita ketahui, bahwa meminjam online seringkali diberi embel-embel bisa ditunggu dalam hitungan menit. 

Mendengar hal itu, biasanya seseorang tidak akan berpikir panjang, asalkan bisa segera mendapatkan uang. Bahkan, sedikit dari mereka yang memahami betul kesepakatan hutang piutang yang dibuat. 

4. Tidak memiliki harta benda yang bisa dijaminkan 

Kini, banyak sekali bank maupun koperasi yang melayani peminjaman uang. Sayangnya, hal itu tidak dilakukan secara cuma-cuma. Nasabah yang ingin mengajukan pinjaman harus memenuhi syarat yang ditentukan. Salah satunya adalah memiliki harta benda yang bisa dijadikan jaminan. Misalnya seperti sertifikat tanah atau rumah, hingga BPKB. 

Seseorang yang tidak memiliki harta benda untuk dijadikan syarat, tentu saja tidak bisa mengajukan pinjaman kepada lembaga yang bersangkutan. Memanfaatkan momen itu, pinjaman online hadir sebagai sebuah sarana yang menjembatani orang-orang tersebut agar tetap bisa meminjam uang. 

'Pinjaman online tanpa jaminan', katanya. Proses verifikasinya pun sangat mudah. Biasanya hanya membutuhkan KTP, Foto Selfi, hingga beberapa dokumen pendukung, seperti KK atau NPWP. 

Hal tersebut tentunya sangat menarik minat masyarakat dimana mereka bisa mendapatkan pinjaman hanya bermodal sentah-sentuh gawai saja. 

Itu dia 4 alasan yang membuat seseorang memilih untuk meminjam uang melalui pinjol. Semoga kita selalu diberikan rezeki yang cukup, sehingga tidak perlu merasakan hidup yang tidak tenang karena perkara hutang. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak