facebook

Bikin Hidup Jadi Ribet, Ini 4 Tips Menghilangkan Kebiasaan Menunda-nunda!

Riva Khodijah
Bikin Hidup Jadi Ribet, Ini 4 Tips Menghilangkan Kebiasaan Menunda-nunda!
Ilustrasi stres (freepik.com/pressfoto)

Di antara penyebab hidup jadi ribet adalah kebiasaan menunda-nunda. Kok, bisa? Tugas yang semestinya sudah kelar akhirnya harus dikerjakan ngebut akibat kamu menunda-nunda pekerjaan. Mestinya kamu bisa pulang tepat waktu akhirnya harus lembur bahkan sampai pagi demi memenuhi deadline akibat sebelumnya terlalu santai-santai.

Kebiasaan buruk ini yang kerap bikin hidupmu mestinya damai jadi terus-menerus stres. Untuk menghilangkannya, ada beberapa tips yang dapat kamu terapkan. Mari disimak!

1. Bikin daftar tugas yang harus diselesaikan

Kenapa membuat daftar hal yang mesti diselesaikan itu penting? Pertama, setelah ditulis kamu jadi sadar kalau ada banyak tugas yang mesti dikerjakan. Dengan begitu, bisa menghindarimu dari membuang-buang waktu.

Kedua, dengan membuat semacam to-do-list, kamu jadi bisa memilih mana tugas yang penting dan mendesak sehingga harus diprioritaskan, dan mana yang dapat dikerjakan kemudian. Hidupmu jadi lebih terorganisir.

2. Just do it

Sering kali yang bikin kamu menunda-nunda pekerjaan akibat overthinking. Takut nanti bakal gagal. Khawatir nanti bakal jelek, dan sebagainya.

Akhirnya karena berpikiran negatif seperti itu jadi merusak mood. Kalau suasana hati udah down, jadi malas untuk diajak serius. Penginnya rebahan atau santai.

Cara mengatasinya, jangan overthinking. Kerjakan aja atau just do it. Gak peduli bila nanti hasilnya kurang bagus atau bakal gagal. Setidaknya kamu sudah produktif.

3. Beri toleransi ke diri sendiri

Terlalu keras terhadap diri sendiri atau menetapkan ekspektasi terlampau tinggi juga bisa jadi alasan menunda-nunda pekerjaan. Cobalah untuk memberi toleransi ke diri sendiri terhadap kegagalan atau ketidakberhasilan.

Kalau kamu sudah menerima kenyataan bahwa dalam hidup ini sukses dan gagal merupakan satu paket, maka bisa mencegah berpikir macam-macam yang kemudian dapat mendorong menunda-nunda tugas.

4. Hindari meremehkan

Kebiasaan menunda-nunda juga dapat diakibatkan sikap terlalu menggampangkan atau meremehkan. Merasa kalau pekerjaan yang mesti diselesaikan itu mudah, kamu jadi mengerjakannya nanti-nanti. Baru sadar ketika sudah mepet deadline. Ternyata tugasmu itu cukup njelimet juga, ya.

Nah, semoga dengan tips tadi bisa membantumu untuk menghilangkan kebiasaan buruk menunda-nunda. Cuma bikin hidup jadi ribet, lho!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak