facebook

4 Hal yang Tidak Boleh Dikatakan kepada Orang Baru, Kamu Harus Tahu!

Mutami Matul Istiqomah
4 Hal yang Tidak Boleh Dikatakan kepada Orang Baru, Kamu Harus Tahu!
ilustrasi bertemu orang baru.[Pexels/Tima Miroshnichenko]

Mengenal orang baru memang hal yang menyenangkan. Bisa menambah relasi dan teman merupakan hal yang menguntungkan. Semakin banyak teman kita, semakin luas wawasan yang kita miliki. 

Namun, berinteraksi dengan orang baru memerlukan beberapa hal yang harus diperhatikan. Jangan mudah untuk percaya dan menceritakan segalanya.  Dalam beberapa hal, kita harus bisa menyeleksi kata agar tidak salah berkata dan tidak salah menerima. 

Nah, berikut ini 4 hal yang sebaiknya tidak kamu ceritakan kepada orang baru. 

1. Masalah

Yang pertama, hindari untuk menceritakan tentang masalah. Baik itu tentang pekerjaan, pertemanan,  pasangan maupun keluarga. Karena hal yang sedemikian bisa mempengaruhi pandangan yang berbeda dari orang lain dalam memberi penilaian kepadamu. 

Akan lebih pantas jika kamu menyimpan masalah pribadi untuk dirimu sendiri. Meskipun kamu membutuhkan topik untuk basa-basi, tapi jangan pernah libatkan masalah dalam keluarga. 

2. Jangan menyinggung hal pribadi 

Meskipun dalam obrolan yang singkat, kamu dan lawan bicara sudah terasa akrab, namun jangan sekalipun menanyakan tentang hal pribadi padanya. 

Misalnya tentang pendapatan, kepercayaan, atau yang lainnya. Karena hal tersebut lebih pantas untuk tidak ditanyakan.

3. Hindari berkata seolah tahu segalanya 

Hindari untuk berkata seolah kamu mengetahui segalanya, kamu yang paling berpengalaman dan berwawasan. Karena hal itu bisa saja membuat lawan bicaramu merasa tidak tertarik bahkan ilfeel dengan caramu menyampaikan sesuatu. 

Ketimbang menjadi seseorang yang bersikap seperti tahu segalanya, akan lebih baik jika kamu bersikap seolah tidak tahu apa-apa. 

4. Jangan mengatakan hal sindiran 

Entah apapun tujuanmu untuk menyindir lawan bicara, jangan pernah menyampaikannya. Mungkin, kamu merasa tersinggung dengan beberapa kalimat lawan bicaramu, namun tidak perlu juga disikapi dengan membalas itu.

Membuat sindiran atau membalas sindiran hanya akan memperburuk situasi dan merusak suasana pertemuan yang sudah terlanjur menyenangkan.  Semoga di pertemuan yang pertama, kamu dan lawan bicara bisa meninggalkan kesan yang baik. 

Itu dia 4 hal yang tidak boleh dikatakan kepada orang baru. Apakah kamu sudah memahami itu?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak