facebook

4 Tips Menghilangkan Rasa Dendam terhadap Orang Lain, Hidup Lebih Tenang!

Diat Anugrah
4 Tips Menghilangkan Rasa Dendam terhadap Orang Lain, Hidup Lebih Tenang!
Ilustrasi saling memaafkan (Pexels.com/cytonn-photography)

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, mungkin akan ada seseorang yang berbuat salah kepada kita baik itu disengaja maupun tidak. Apabila ada orang yang berbuat salah kepada kita, maka kita dianjurkan untuk memberi maaf agar hubungan tetap terjalin dengan baik. Kita tidak dianjurkan untuk menyimpan rasa dendam terhadap orang yang berbuat salah kepada kita.

Menyimpan rasa dendam tentu bukanlah hal yang baik. Apabila kita menyimpan rasa dendam, pikiran kita akan dipenuhi dengan aura negatif yang membuat mood kita menjadi kurang baik. Oleh karena itu, kita harus menghilangkan rasa dendam dalam hati kita.

Berikut ini adalah 4 tips yang dapat dilakukan untuk menghilangkan rasa dendam terhadap seseorang.

1. Saling Memaafkan

Rasa dendam muncul dalam hati kita karena kita tidak mau memaafkan orang yang berbuat salah kepada kita. Sebaliknya, apabila kita sudah saling memaafkan dengan tulus, maka kita tidak akan merasa dendam.

Memberi maaf terkadang tidak semudah yang kita pikirkan. Secara lisan mungkin kita mudah melakukannya, namun terkadang masih ada rasa kesal atau marah yang mengganjal dalam hati. Rasa kesal atau mengganjal itulah yang kemudian bisa menimbulkan rasa dendam.

Oleh karena itu, kita harus selalu berusaha untuk memaafkan kesalahan orang lain baik itu disengaja maupun tidak.

2. Mengingat Kebaikan Orang Tersebut

Ketika kita dendam terhadap seseorang, kita biasanya akan marah bahkan membenci orang tersebut. Selain itu, pandangan kita mengenai orang tersebut juga akan dipenuhi dengan keburukan. Kita selalu berprasangka tidak baik pada setiap tindakan yang dilakukan.

Kondisi demikian tentu tidak baik untuk kita dan orang tersebut karena kita bisa menjadi tidak adil dan objektif dalam menilai seseorang. Untuk mengatasinya, kita bisa mengingat-ingat kebaikan yang pernah orang tersebut lakukan.

Dengan mengingat kebaikan maka prasangka buruk dalam pikiran kita bisa dihilangkan sehingga rasa dendam akan turut menghilang.

3. Berusaha Mengikhlaskan

Rasa dendam dapat muncul akibat kesalahan yang dilakukan oleh orang lain dan kesalahan tersebut memberi dampak kurang baik pada diri kita. Namun, apabila kita mau mengikhlaskan hal tersebut, maka kemungkinan besar kita akan mau memaafkan dan tidak muncul rasa dendam dalam diri kita.

Apabila masih ada rasa dendam kepada orang yang pernah berbuat salah kepada kita, mungkin kita belum sepenuhnya mengikhlaskan apa yang sudah terjadi.

Kita harus menyadari bahwa yang sudah berlalu tidak bisa kita ubah sehingga kita harus mampu mengikhlaskannya.

4. Mengingat Bahaya Dendam

Menyimpan rasa dendam tidak akan memberi manfaat apapun pada kita. Justru, hal ini akan memberi dampak buruk yang berbahaya bagi diri kita. Misalnya hidup kita tidak akan tenang.

Ketika menyadari dampak buruk dan bahaya dendam, maka besar kemungkinan kita akan memaafkan orang lain dan tidak lagi menyimpan rasa dendam.

Demikian 4 tips yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa dendam. Semoga hubungan kita dengan orang lain selalu baik dan terhindar dari dendam, ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak