facebook

4 Tanda Teman sedang Menghadapi Masalah, Kita Harus Peka!

Diat Anugrah
4 Tanda Teman sedang Menghadapi Masalah, Kita Harus Peka!
Menyembunyikan Kesedihan (Pexels.com/Jure-siric)

Dalam hubungan pertemanan, kita harus saling membantu dan memberi dukungan. Terutama apabila teman kita sedang memiliki masalah, kita harus berada di sisinya untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut bersama-sama. Kalau tidak bisa membantu menyelesaikan masalah, maka kita bisa memberi dukungan dan semangat padanya agar kuat dan sanggup mengatasi masalah yang sedang dihadapi.

Namun, seringkali teman tidak mau bercerita mengenai masalah yang sedang dihadapi. Mereka lebih suka memendamnya sendiri dibanding harus menceritakan kepada teman-temannya. Hal ini mungkin disebabkan karena merasa sungkan dan tidak ingin teman-temannya ikut repot untuk membantu menyelesaikan masalahnya.

Padahal, memendam masalah sendirian bisa menyebabkan kesehatan mental menjadi terganggu. Selain itu, masalah juga jadi lebih sulit dipecahkan karena tidak ada yang membantu. Kita tentu tidak ingin teman kita mengalami masalah dengan mentalnya dan berlarut-larut dalam masalah bukan. Oleh karena itu, hendaknya kita bisa peka untuk menyadari bahwa teman kita sedang menyembunyikan masalah.

Berikut ini adalah 4 ciri-ciri teman yang sedang menyembunyikan masalah.

1. Sering Menyendiri

Orang yang sedang punya masalah biasanya pikirannya akan terfokus pada masalah yang sedang dihadapi. Dia menjadi tidak tertarik dengan hal lain seperti berkumpul bersama teman-teman. Akibatnya dia akan lebih sering menyendiri dibanding ikut berbaur dengan orang lain. Selain itu, dia juga dapat menyendiri untuk menyembunyikan masalah yang sedang dihadapi. 

Apabila ada teman kita yang tiba-tiba suka menyendiri, kita dapat mencoba untuk mendekatinya. Ajak bicara pelan-pelan supaya mereka bisa menceritakan apa yang sedang dialaminya. Namun kita tidak boleh memaksanya untuk berbicara, karena bisa jadi dia belum siap untuk menceritakan masalahnya pada orang lain.

2. Lebih Banyak Diam

Selain menyendiri, orang yang sedang memiliki masalah biasanya akan lebih banyak diam. Hal ini dikarenakan mood yang tidak baik membuatnya tidak tertarik untuk banyak berbicara. Apabila ada teman kita yang biasanya cerewet dan tiba-tiba menjadi pendiam, kita patut mencurigainya sedang memiliki masalah.

3. Terlalu Ceria Dibanding Biasanya

Beberapa orang tidak ingin orang lain mengetahui bahwa ia sedang memiliki masalah. Salah satu alasannya adalah ia tidak mau dikasihani atau dianggap sebagai orang yang menyedihkan. Oleh sebab itu, biasanya ia akan menutupi kesedihan dan masalah yang sedang dihadapi dengan bertingkah ceria.

Namun cerianya orang yang sedang memiliki masalah akan berbeda. Ia dapat lebih banyak tertawa dibanding biasanya walaupun oleh hal yang tidak terlalu lucu. Hal ini untuk menyembunyikan kesedihannya.

4. Mudah Tersinggung dan Marah

Orang yang sedang memiliki masalah maka mood atau kondisi hatinya menjadi kurang baik. Akibatnya, ia akan lebih mudah tersinggung dan marah meskipun oleh hal yang sepele. Apabila ada teman kita yang demikian, kita jangan ikut terpancing emosi, kita harus mencoba mengalah dan memakluminya. Kalau bisa, ajak ia untuk bercerita mengenai masalah yang ia hadapi.

Demikian 4 ciri-ciri teman yang sedang menyembunyikan kesedihan karena menghadapi masalah. Pernah menjumpainya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak