facebook

3 Ide Kegiatan untuk Memeringati Hari Buku Nasional

Dream Praire
3 Ide Kegiatan untuk Memeringati Hari Buku Nasional
ilustrasi buku (Dok.pribadi/Dream Praire)

Hari Buku Nasional diperingati  setiap tanggal  17 Mei. Tanggal 17 Mei juga merupakan hari jadi Perpustakaan  Nasional yang didirikan sejak tahun 1980. Penetapan tanggal 17 Mei sebagai  peringatan  Hari Buku Nasional  ini dimulai sejak tahun 2022 oleh Menteri Pendidikan kala itu yakni Abdul Malik Fajar dengan maksud untuk meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat Indonesia.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk  memeringati Hari Buku Nasional, baik secara bersama-sama atau pun secara individu. Berikut beberapa ide kegiatan yang dapat dilakukan untuk memeringati Hari Buku  Nasional:

1. Mengunjungi perpustakaan

ilustrasi perpustakaan (Pexels.com)/ Mark Cruzat
ilustrasi perpustakaan (Pexels.com)/ Mark Cruzat

Jika kamu  telah lama tak mengunjungi perpustakaan, mungkin ini adalah saat yang tepat  untuk melakukannya. Kamu bisa datang ke perpustakaan umum di kotamu atau pun taman bacaan yang mungkin lebih dekat  dengan tempat tinggalmu.

Kamu mungkin saja akan melihat banyak perkembangan di perpustakaan, bisa karena tambahan bahan bacaan berupa buku-buku baru  yang mungkin saja menarik minat baca kamu. Selain itu, dengan berkunjung ke perpustakaan bisa jadi akan memberi  kamu pandangan baru tentang buku dan hal-hal lain tentang literasi.

2. Bertukar kado buku

ilustrasi kado buku (Pexels.com)/  Olia danilevich
ilustrasi kado buku (Pexels.com)/ Olia danilevich

Kamu juga bisa mengajak teman, saudara atau kenalan kamu untuk melakukan acara tukar kado berupa buku. Kamu akan memperoleh buku yang mungkin sangat berbeda dengan yang biasa kamu baca, demikian juga sebaliknya. Dengan begitu, kamu dan teman-temanmu akan merasakan pengalaman baru dari buku bacaan yang kamu peroleh. Dan bukan tak mungkin jenis buku yang berbeda itu justru akan menjadi salah satu favorit kamu nantinya.

3. Membuat klub buku

ilustrasi klub buku (Pexels.com)/ Thirdman
ilustrasi klub buku (Pexels.com)/ Thirdman

Kamu juga bisa loh membuat klub buku sendiri. Anggotanya bisa saja keluarga kamu sendiri, kerabat atau pun teman-teman kamu. Tidak harus besar, walaupun kecil jika kegiatannya bagus maka akan bermanfaat sekali tentunya. Bisa saja teman kamu yang tadinya tak suka  membaca, pelan-pelan akan tertarik untuk membaca buku. Karena itu buatlah acara klub buku kamu ini sederhana dan tidak menyulitkan. Kegiatan yang menyenangkan tentu lebih mudah menarik minat bukan?

Kamu bisa mencoba kegiatan-kegiatan di atas, lakukan yang paling mudah untuk kamu realisasikan. Tak masalah kecil atau besar bentuk kegiatannya, yang penting kamu sudah ikut berperan dalam upaya meningkatkan minat baca orang-orang di sekitarmu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak