facebook

Kenali 8 Efek Buruk Prokrastinasi yang dapat Menghancurkan Hidupmu

Winda Luthfia
Kenali 8 Efek Buruk Prokrastinasi yang dapat Menghancurkan Hidupmu
Ilustrasi prokrastinasi (https://unsplash.com/@pedroplus)

Prokrastinasi adalah kebiasaan untuk menunda pekerjaan. Memahami bahaya perilaku prokrastinasi merupakan suatu hal yang penting, karena dapat membantu kamu untuk mengidentifikasi kapan dan bagaimana perilaku tersebut berdampak negatif pada seseorang, termasuk pada dirimu sendiri. Selain itu, menyadari perilaku prokrastinasi ini dapat meningkatkan motivasi sehingga dapat mengatasi kebiasaan menunda tersebut. 

Berikut adalah 8 efek buruk jika kamu suka menunda pekerjaan:

1. Kehilangan waktu berharga

Dengan kamu sering menunda pekerjaan, maka waktumu yang terlewat begitu saja. Apakah kamu dapat memutar waktu kembali untuk kembali ke masa lampau? Tentu tidak. Maka dari itu, agar kamu tidak menyesal di situasi mendatang, manfaatkanlah waktu dengan sebaik-baiknya.

2. Menyia-nyiakan kesempatan

Akan ada banyak kesempatan yang kamu sia-siakan jika kamu suka menunda pekerjaan. Tanpa kita sadari mungkin saja kesempatan tersebut yang dapat mengubah hidup kita, maka yang akan kamu sesali adalah ketika kesempatan itu tidak akan pernah datang dua kali dalam hidupmu.

3. Tidak dapat mencapai tujuan

Kebiasaan menunda pekerjaan atau prokrastinasi sering kali datang saat kamu akan mencapai tujuan atau ingin mengubah sesuatu. Yang paling sulit dilakukan dalam hal mencapai tujuan tersebut biasanya adalah saat mengambil langkah pertama ke depan. Maka dari itu, keyakinan dalam melangkah saat pertama kali berkeinginan mencapai tujuan memanglah penting.

4. Menghancurkan karir

Cara kerjamu, secara langsung akan memengaruhi karirmu. Kebiasaan prokrastinasi dapat membuatmu sulit memenuhi tenggat waktu dan mencapai target bulananmu. Apa konsekuensi dari hal ini pada kariermu? Kamu mungkin akan kehilangan promosi atau bahkan berisiko kehilangan pekerjaan.

5. Menurunkan harga diri

Kebiasaan suka menunda pekerjaan dapat membuatmu merasa tidak akan bisa menyelesaikan tugas atau proyek dengan cara yang benar. Sayangnya, menunda-nunda hanya akan meningkatkan perasaan rendah diri, kemudian membuatmu semakin meragukan diri sendiri dan menurunkan harga dirimu di tengah-tengah orang lain.

6. Membuat keputusan yang buruk

Pengambilan keputusan yang buruk adalah salah satu efek terburuk dari suka menunda pekerjaan. Ketika kamu suka menunda-nunda, kamu akan membuat keputusan berdasarkan kriteria yang kemungkinan besar tidak akan bisa kamu penuhi dengan kebiasaanmu yang suka menunda-nunda, maka pekerjaan yang akan kamu lakukan menjadi seperti tekanan bagimu yang akhirnya membuat kamu sering kepepet deadline.

7. Merusak reputasimu

Ketika kamu terus mengatakan akan melakukan sesuatu dan kamu tidak benar-benar melakukannya, reputasimu lah yang akan ternoda, karena tidak ada seseorang yang menginginkan janji palsu. Selain merusak reputasimu sendiri, kamu juga dapat merusak harga diri dan kepercayaan dirimu.

8. Kesehatan yang buruk 

Jika kamu suka menunda-nunda sesuatu, kemungkinan besar akan mulai membuatmu stres, menyebabkan kecemasan, terutama ketika orang lain atau hal-hal yang terlibat, dan semua hal tersebut dapat menyebabkan kesehatan fisik maupun mentalmu buruk.

Contohnya seperti ketika kamu terus-menerus menunda pemeriksaan dan menunda janji atau hal-hal yang perlu kamu lakukan, seperti olahraga. Masalahnya, hal tersebut hanya memperburuk dan konsekuensinya akan lebih mengerikan.

Itulah delapan akibat menunda pekerjaan. Jadi, yuk mulai sekarang mulailah untuk tidak menunda-nunda pekerjaan, supaya dikemudian hari tidak menyesal.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak