facebook

3 Tempat Favorit untuk Membaca Buku

NAFRI DIFAR
3 Tempat Favorit untuk Membaca Buku
ilustrasi membaca (Pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Membaca buku menjadi salah satu hobi yang menyenangkan bagi banyak orang. Dengan membaca buku, seseorang dapat memperoleh berbagai hal yang bermanfaat. Tidak hanya buku non fiksi yang berisi banyak fakta dan pengetahuan yang berguna, tetapi juga buku-buku fiksi juga dapat memberi efek positif bagi pembacanya.

Banyak pengalaman orang yang memperoleh inspirasi dari cerita fiksi yang menarik. Juga pembelajaran akan kehidupan.  Tak sedikit juga orang yang merasakan  kebahagiaan saat membaca buku, entah karena kisah yang bagus atau keajaiban buku yang bisa membawa pikiran menjelajah ke tempat-tempat indah.  Apapun yang menjadi pilihan bacaan, diperlukan konsentrasi  saat membaca buku agar dapat memahami dan memperoleh manfaat dari membaca buku.

Setiap orang mempunyai tempat favorit untuk membaca yang berbeda-beda. Hal  itu tergantung pada karakter masing-masing. Berikut beberapa tempat yang sering dijadikan tempat favorit untuk membaca buku.

1.       Kamar Tidur

Inspirasi Kamar Tidur yang Sesuai dengan Karakter Pemilik. (Dekoruma)
Inspirasi Kamar Tidur yang Sesuai dengan Karakter Pemilik. (Dekoruma)

Kamar menjadi tempat favorit untuk membaca bagi orang yang ingin menikmati bacaan bukunya sendirian tanpa diganggu. Kamar terasa nyaman karena dianggap teritori pribadi.

Jika kamu termasuk orang yang menjadikan kamar sebagai tempat favorit untuk membaca, aturlah agar kamar cukup memperoeh cahaya agar kamu dapat membaca dalam terang. Cahaya bisa dari lampu yang memiliki penerangan memadai termasuk pada malam hari. Dan pada siang hari, cahaya bisa diperoleh dari luar dengan membuka jendela kamar.

2.       Taman

Ilustrasi taman. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi taman. (Sumber: Shutterstock)

Bagi yang menyukai suasana outdoor, taman menjadi pilihan yang menarik untuk membaca buku. Taman umum memang tak selalu tenang oleh kehadiran banyak orang yang juga ingin menikmati suasana taman.

Kamu bisa memilih titik lokasi yang tidak terlalu sering dilalui orang yang lalu-lalang agar kamu bisa tenang membaca. Jangan lupa untuk membawa air minum dan bekal makanan walau sekedar camilan. Karena perut yang lapar akan membuatmu tak bisa fokus dan tak bisa menikmati bacaan dengan nyaman.

3.       Perpustakaan

Ilustrasi Perpustakaan (Unsplash)
Ilustrasi Perpustakaan (Unsplash)

Ini memang tempat yang ditujukan untuk membaca. Namun begitu, perpustakaan juga tempat meminjam buku untuk umum. Artinya akan ada banyak orang yang datang dan pergi untuk meminjam atau mengembalikan buku. Jadi, jika kamu berniat membaca di perpustakaan, pilih lokasi yang tidak dekat dengan area keluar masuk pengunjung. Dan saat kamu menemukan tempat yang tepat, ingatlah untuk tidak berisik agar tidak mengganggu orang lain.

Yang mana yang menjadi tempat favorit kamu untuk membaca? atau kamu punya tempat lain?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak