facebook

3 Cara Mengapresiasi Diri dengan Sederhana, Yuk Terapkan!

Delia Sanjaya
3 Cara Mengapresiasi Diri dengan Sederhana, Yuk Terapkan!
Ilustrasi bahagia. (Unsplash.com/Allef Vinicius)

Sudahkah kamu mengapresiasi dirimu? Mungkin sebagian dari kita tidak terlalu memikirkan tentang hal semacam ini. Tapi jika kamu ingin lebih mencintai diri sendiri, cobalah dengan memberi apresiasi terhadap dirimu yang telah berusaha untuk mecapai suatu hal yang sudah kamu lalui sampai detik ini. 

Mengapresiasi diri sendiri itu semacam bentuk penghargaan untuk diri kita atas pencapaianmu. Sebagai contoh, misalnya kamu adalah anak sekolah dan dalam angkatanmu itu, kamu sudah mendapatkan ranking 3 teratas, padahal kamu sudah berusaha semaksimal mungkin, kamu memang sudah rajin belajar untuk bisa mendapatkan rangking 1.

Jika terjadi seperti itu padamu, bagaimana kamu menyikapi hal ini? Apa kamu akan menyalahkan dirimu yang belum bisa mendapatkan ranking 1? Sebaiknya kamu tetap harus mengapresiasi diri, sebab kamu sudah berusaha semaksimal mungkin agar bisa mendapatkan apa yang kamu inginkan.

Kamu sudah hebat. Segala sesuatu yang telah kamu perjuangkan dan apa pun hasilnya, alangkah baik jika terus memberikan apresiasi pada diri sendiri. Inilah beberapa cara untuk mengapresiasi diri dengan cukup sederhana.

1. Beli Makanan Favoritmu

Ilustrasi makanan (Paxels/Ana Madeleine Uribe)
Ilustrasi makanan (Paxels.com/Ana Madeleine Uribe)

Terkadang saat kamu sedang sibuk dengan kerjaan, lagi banyak yang harus dipikirkan dalam urusan sehari-hari. Kamu bisa coba traktir diri sendiri dengan makanan kesukaanmu. Dengan seperti itu, kamu sudah melakukan penghargaan terhadap diri sendiri yang sudah melakukan hal sesibuk itu dan juga membuat kamu lelah. Maka dari itu, kamu perlu mengapresiasikan dirimu.

2. Meluangkan Waktu untuk Melakukan Hal-Hal yang Kamu Sukai

Ilustrasi wanita melakukan hobinya (Pexels/Andrea Piacquadio)
Ilustrasi wanita melakukan hobinya (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Misalkan saja kamu seorang pelajar yang banyak tugas dan harus dibereskan karena deadline yang selalu terbayang di kepala. Cobalah untuk hargai dirimu yang telah semangat untuk menjalankan itu semua.

Kamu bisa melalui berbagai hal yang sebenarnya kamu juga harus membutuhkan hiburan. Coba untuk sejenak luangkan waktumu, mungkin bisa saat weekend, lakukan hal-hal yang kamu senangi, seperti melakukan hobi yang berdampak baik untuk dirimu dan membuat mood semakin meningkat.

3. Memanjakan Diri dengan Berlibur ke Tempat yang Kamu Sukai

Ilustrasi wanita sedang berlibur (Pexels/David Bartus)
Ilustrasi wanita sedang berlibur (Pexels.com/David Bartus)

Ada kalanya kamu memang harus memanjakan diri untuk liburan ke tempat yang kamu sukai, bukan semata-mata untuk menghabiskan uang yang sudah kamu dapatkan dari hasil kerja kerasmu selama ini.

Tapi, berlibur juga akan menjadi tanda bahwa kamu telah mengapresiasi dirimu yang sudah bekerja dengan semangat dan kamu menghadiahi diri dengan cara yang salah satunya bisa pergi berlibur. Dengan mengadakan liburan untuk diri sendiri, kamu pun bisa menambahkan semangat untuk hari-hari selanjutnya, agar bekerja lebih giat lagi.

Sebelum kamu ingin membahagiakan orang lain, cobalah membuat dirimu bahagia dahulu. Di saat hari-harimu memang padat kerjaan, lebih baik kamu berusaha untuk bisa mengapresiasi diri karena dirimu juga butuh penghargaan, sebab bagaimana juga kamu telah memberikan versi terbaik untuk hidupmu sendiri.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak