facebook

Ingin Produktif Setiap Hari? Lakukan 4 Hal Ini dalam Hidupmu

Winda Luthfia
Ingin Produktif Setiap Hari? Lakukan 4 Hal Ini dalam Hidupmu
Ilustrasi produktif (Freepik.com/wayhomestudio)

Memiliki aktivitas yang padat atau sibuk berbeda dengan produktif. Kesibukan mungkin membuatmu merasa produktif, akan tetapi hal tersebut bertentangan dengan produktifitas, karena kesibukan tidak akan meningkatkan status pekerjaan, pendapatan, atau pengetahuanmu mengenai sesuatu.

Usaha dan dorongan motivasi, inspirasi, dan fluktuasi seseorang memang berbeda-beda, namun kesamaan yang akan diperoleh dari sama-sama berperilaku produktif adalah setidaknya dengan berperilaku produktif, maka akan satu langkah lebih dekat dengan tujuanmu di depan.

Berikut adalah empat hal yang dapat kamu lakukan agar selalu produktif setiap harinya:

1. Rencanakan sesuatu dan tetapkan tujuan yang ingin dicapai

Ilustrasi membuat rencana (https://www.freepik.com/freepik)
Ilustrasi membuat rencana (Freepik.com/freepik)

Pentingnya merencanakan sesuatu

Merencanakan sesuatu dan menetapkan tenggat waktu atau deadline di depan adalah suatu hal yang penting untuk mencapai tujuanmu untuk menjalani hari-hari yang produktif. Memiliki daftar tujuan yang jelas akan mengontrol emosi, meningkatkan kepercayaan diri, dan membangun rasa tanggung jawab.

Selain itu, dengan membuat daftar atau list tugas-tugas yang harus diselesaikan juga merupakan bentuk komitmen diri untuk mencapai goals yang sudah kamu tetapkan sebelumnya.

Gunakan daftar atau list berisi tugas-tugas yang harus diselesaikan agar lebih produktif

Banyak orang menyarankan untuk memulai hari dengan daftar tugas. Namun, sebenarnya lebih baik membuat daftar tugasmu di penghujung hari sebelumnya , sebagai bagian dari rutinitas malammu.

Dengan menjadwalkan tujuan dan aktivitas pada malam sebelumnya, kamu dapat langsung mengerjakan keesokan harinya. Hal ini untuk mengurangi kelelahan pengambilan keputusan pada saat kamu menjalankan hari-harimu.

Berikut adalah beberapa ide untuk membuat list atau daftar tugasmu yang akan membantumu agar memiliki lebih produktif:

  • Buat daftar kegiatan apa saja yang ingin kamu kerjakan
  • Tetapkan periode waktu kapan akan dimulai dan kapan waktu selesainya
  • Aturlah skala prioritas kegiatanmu. Dahulukan lah tugas dari yang paling penting di hari itu, dan tugas-tugas lainnya mengikuti
  • Kamu dapat membuatnya dengan bantuan aplikasi di ponselmu atau buku agenda

Beraksi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan

Sekarang, setelah kamu memprioritaskan dan merencanakan, inilah saatnya untuk menyelesaikan masalah.

"Mimpimu tidak akan berhasil kecuali kamu melakukannya."

John C.Maxwell.

Seperti yang dijelaskan oleh Gary Keller dalam bukunya yang berjudul The Tim Ferriss Show, kamu perlu memulai hari dengan melakukan satu hal yang paling penting .

Pikirkan satu hal yang akan membuat sisa aktivitasmu lebih mudah untuk dilakukan. Selain itu, kurangi melakukan multitasking karena dapat mengurangi tingkat produktivitasmu karena berpotensi untuk memecah fokusmu saat menyelesaikan sesuatu.

2. Rutinitas harian akan membuatmu lebih produktif

Ilustrasi rutinitas (https://unsplash.com/@nushtaev_dmitriy)
Ilustrasi rutinitas (Unsplash.com/@nushtaev_dmitriy)

Tetapkan rutinitas harian dan terapkan kebiasaan positif untuk mengurangi kelelahan dalam pengambilan keputusan agar menjadi lebih efektif. Kebanyakan orang sukses memiliki rutinitas pagi dan rutinitas malam Berikut adalah beberapa ide rutinitas pagi dan sore hari yang dapat kamu tetapkan agar lebih produktif.

  • Menulis jurnal/buku harian
  • Membaca koran atau satu hari satu bab dalam buku
  • Awali dan akhiri hari dengan segelas air putih
  • Berlatih bahasa di Duolingo atau aplikasi serupa
  • Melakukan meditasi
  • Menyiapakan pakaian untuk hari berikutnya
  • Menyiapkan sarapan untuk hari berikutnya

3. Hindari gangguan agar tetap fokus

Ilustrasi fokus (https://unsplash.com/@nublson)
Ilustrasi fokus (Unsplash.com/@nublson)

Seberapa pun besar-kecilnya, gangguan merupakan hambatan produktivitas yang paling utama. Telepon yang bergetar, email pop-up, bahkan hewan peliharaan juga dapat menjadi gangguan. Tidak hanya itu, kemajuan teknologi juga menjadi suatu hal yang mengganggu. 

Misalnya saja penggunaan telepon genggam yang membuat seseorang menjadi FOMO dan menghabiskan waktunya lebih banyak untuk membuka media sosial lalu membandingkan hidupnya dengan hidup orang lain. Jadi, tingkatkan fokusmu dengan menghindari gangguan (selama momen paling produktifmu sepanjang hari).

4. Tetap beristirahat dan jangan lupa bergerak

Ilustrasi beristirahat (https://unsplash.com/@heftiba)
Ilustrasi beristirahat (Unsplash.com/@heftiba)

Jadwalkan istirahat dan olahraga untuk mengistirahatkan otakmu. Maka, otak kamu pun akan menunjukkan respon yang baik dengan adanya peningkatan produktivitas yang lebih besar.

Dengan adanya waktu jeda akan membantumu memahami informasi baru dan menyelesaikan perdebatan internal. Hasilnya, kamu akan lebih mudah menemukan ide-ide baru dan lebih menerima dorongan kreativitas yang lebih besar.

Rutinitas sehari-hari memanglah sangat diperlukan untuk memiliki hari-hari yang lebih produktif. Rencanakan ke depan, tetapkan tugas yang masuk akal, mulailah membangun kebiasaan dan rutinitas yang produktif itu, dan jangan lupa untuk tetap beristirahat. Itulah empat hal yang dapat kamu lakukan agar lebih produktif setiap harinya. Selamat mencoba.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak