facebook

Membuat Pikiramu Lebih Terbuka, Berikut 8 Manfaat Membaca Novel

Dewi Maharani Bahtiar
Membuat Pikiramu Lebih Terbuka, Berikut 8 Manfaat Membaca Novel
ilustrasi membaca novel (pexels.com/Anete Lusina)

Masih saja ada beberapa orang yang menganggap sebelah mata para pembaca novel. Akan tetapi, apakah orang-orang itu tahu bahwa membaca novel banyak manfaatnya?

Buku jenis apapun yang kamu baca, kamu akan mendapatkan manfaat. Entah kamu membaca buku fiksi atau nonfiksi. Salah satu buku jenis fiksi adalah novel.

Berikut manfaat membaca novel yang perlu kamu tahu.

1. Membuat pikiranmu lebih terbuka dan membuatmu lebih cerdas

Ketika membaca novel, apalagi novel terjemahan yang budaya, bahasa hingga agamanya berbeda jauh dengan kamu, lewat cerita fiksi itu tanpa sadar pikiranmu lebih terbuka. Kamu akan menyadari bahwa dunia ini luas dengan berbagai corak yang ada. Dan dari sana, pikiranmu juga akan lebih menerima hal-hal yang berbeda dari lingkunganmu.

Kamu juga jadi lebih cerdas dengan pemahaman yang kamu tahu dari membaca novel. Jadi jangan beranggapan bahwa membaca buku pelajaran saja yang bisa membuatmu lebih cerdas, tetapi novel pun bisa membuatmu cerdas dan bahkan bisa membuat hidupmu menjadi lebih baik lagi.

2. Meningkatkan kreativitas

Kenapa banyak orang menyarankan membaca novelnya sebelum membaca film yang diangkat dari novel tersebut? Jawabannya karena dari novel, kamu bebas berkreativitas. Sedangkan dari film, imajinasimu menjadi terbatas, bahkan beberapa orang kerap kecewa karena film yang diangkat dari novel jauh dari imajinasinya.

Misalnya ketika kamu membaca novel Percy Jackson and the Olympians, otakmu yang menjabarkan Olympus akan berbeda dengan imajinasi temanmu yang membaca novel itu juga. Semua itu tergantung kreativitas kamu, dan semakin kamu banyak membaca novel kamu akan lebih kreatif dengan petualangan-petualangan yang ikut kamu rasakan.

3. Membuatmu lebih berempati

Apa sih empati itu? Menurut Cambridge Dictionary, empati adalah kemampuan untuk berbagi perasaan atau pengalaman orang lain dengan membayangkan bagaimana rasanya menjadi orang tersebut. Singkatnya, empati adalah ketika kamu membayangkan dan mulai merasakan dirimu berada di posisi orang lain.

Dari novel, jika tokoh utamanya dianiaya bukankah kamu akan ikut merasa sakit dan kasihan? Dan kamu jadi membenci tokoh lain yang menganiaya tokoh utamanya, bukan? Sangat jelas dari membaca novel, empatimu menjadi lebih baik lagi.

Ingat, ya, empati berbeda dengan simpati.

4. Meningkatkan keterampilan sosial

Hal mendasar sebelum terjun dalam lingkungan sosial adalah bahasa dan kata. Saat kamu banyak membaca buku novel, kamu akan mendapati kata yang asing untukmu.

Kata-kata tersebut membuat kemampuan bersosialisasi kamu lebih meningkat. Jadi, jangan beranggapan kalau orang yang suka baca itu sulit diajak berkomunikasi, ya!

5. Meningkatkan memori

Banyak hal yang bisa kamu ingat ketika membaca novel. Dari latar tempatnya seperti apa, nama tokohnya yang panjang sampai sulit diingat dan juga plotnya yang susah ditebak. Ketika membaca, memori kamu juga akan meningkat karena detail-detail penting dalam sebuah cerita akan dijabarkan kembali.

Jika kamu membaca novel misteri dengan berbagai macam clue sebelum menjelang akhir yang disuguhkan plot twist, pikiranmu dengan senang hati menangkap ingatan tentang itu dan menyusunnya sesuai kemampuan otakmu. Pastinya dengan begitu otakmu semakin terlatih dan kamu jadi terhindar dari yang namanya lupa.

Bahkan untuk jangka panjangnya, kamu juga bisa terhindar dari penyakit Alzheimer. Untuk masa tua kamu yang sejahtera, kenapa tidak mulai membaca?

6. Meningkatkan fokus dan konsentrasi

Pernah tidak ketika kamu membaca kamu jadi lupa waktu makan, bahkan bisa-bisanya kamu lupa mandi gara-gara membaca? Itu wajar karena salah satu manfaat membaca novel, adalah membuatmu menjadi fokus dan berkonsentrasi.

Jika pikiranmu sedang tidak pada tempatnya, alias melamun, lebih baik jika membaca buku. Dengan begitu otakmu akan terlatih dan efeknya kamu jadi bisa lebih fokus dan berkonsentrasi pada hal lainnya selain membaca.

7. Meredakan stres

Stres terjadi karena pikiran kamu memikirkan tentang masa kini, masa lalu dan masa depan secara bersamaan. Untuk menghentikannya kamu perlu melatih fokus pada hal-hal yang terjadi sekarang.

Ketika membaca, kamu akan fokus pada novel yang kamu baca, dan akhirnya kamu menjadi lupa tentang kekhawatiran berlebih yang sebelumnya kamu pikirkan.

8. Sumber kebahagiaan

Bagi seseorang yang kesepian, buku bisa menjadi teman, bagi orang yang butuh ketenangan novel bisa menjadi sumber ketenangan, bagi orang yang banyak masalah atau stres buku novel merupakan sebuah tempat pelarian. Banyak alasan yang bisa diutarakan ketika orang-orang ditanya kenapa lebih memilih membaca novel daripada membaca buku nonfiksi. Salah satunya karena novel membuat seseorang lebih bahagia alias mood-nya jadi lebih baik.

Kadang, kamu bisa merasakan dengan jelas bahwa ketika kamu hanyut dalam cerita sedangkan di dunia nyata kamu memiliki masalah, kamu akan merasa beruntung karena masalahmu tidak seberat tokoh utama di novel yang kamu baca. Secara naluriah, manusia akan merasa bersyukur ketika menyadari bahwa ada orang-orang yang memiliki cobaan lebih berat darinya.

Merasa bahagia akibat membaca juga akan berefek pada kualitas tidurmu yang akan menjadi lebih baik. Mulai membaca sebelum tidur untuk menenangkan pikiran tidak akan membuatmu rugi, kok.

Sudah cukupkah 8 manfaat membaca novel itu menjadikanmu orang yang suka membaca? Cobalah perlahan untuk menjadikan membaca sebuah kebiasaan. Menyempatkan waktu lima sampai sepuluh menit perhari untuk membaca akan membuat hidupmu lebih baik lagi.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak